Saturday, January 20, 2018

Tips Menarik dalam Memilih Template Gratis Untuk Blogger

Chat on Whatsapp

Template merupakan salah satu faktor pendukung untuk mendongkrak kualitas dan performa dari sebuah blog. Template yang menarik biasanya akan langsung mencuri perhatian pengunjung, tapi bukan hanya dari segi designnya saja yaa teman-teman.

Bagus atau Tidak-nya Design dari sebuah template, sebenarnya belum tentu baik untuk digunakan pada blog kita. Karena kita juga harus bisa menilai dan mencocokan topik pembahasan yang ada didalam blog agar sesuai dengan template pilihan kita.

Nah lhooo.. Bingung kan teman-teman? Coba simak terus yaah..

Tips Menarik dalam Memilih Template Gratis Untuk Blogger
Saya akui, sudah banyak sekali Template Creator menciptakan Template Blog yang keren baik versi gratis maupun versi premiumnya. Ssttt.. bahkan ada juga lho clonner tukang foto copy yang membajak template - template keren mereka.

Pada dasarnya blogger yang baru saja terjun bebas didunia blogging akan sangat agresif dalam mencari template keren dan eye catchy untuk memanjakan pengunjung yang datang.

Termasuk Saya Sendiri !

Saking agresifnya, sampai bingung harus pilih yang mana bukan? Itu karena terlalu banyak template Ganteng dan Cantik yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan teman-teman blogger.

Sayangnya setelah mendapatkan template yang keren, bukannya fokus membuat konten yang menarik juga berbobot tapi malah menyibukkan diri dengan aktifitas re-design agar template yang digunakan dapat terlihat unik dari template lain yang sejenis.

Baca juga: Template Keren, harus didukung dengan Artikel Berkualitas


Dan hal itu jugalah yang saya rasakan sejak pertama kali terjun didunia ini. Sampai akhirnya saya menemukan template invision yang masih saya gunakan sampai saat ini dan saya baru sadar bahwa Template yang saya gunakan ini sebenarnya sudah Keren banget meskipun tidak di modifikasi lagi.

Bicara soal Modifikasi atau Re-Design Template, saya rasa kita sudah terlalu banyak membuang banyak waktu saat memilih template. Jadi jangan habiskan banyak waktu untuk modifikasi template yah.

Manfaatkan waktu yang kita punya untuk membuat artikel yang menarik dimata pengunjung.

Maka dari itulah, kali ini saya akan membahas Tips Menarik dalam Memilih Template Gratis Untuk Blogger khususnya bagi yang baru terjun kedunia blogging.

  1. Template yang Mobile Friendly atau lebih dikenal Responsive bisa dibuka di desktop ataupun Smartphone. Bahkan saya masih sering melihat sampai saat ini masih banyak web/blog yang memiliki template keren tapi belum mendukung Mobile Friendly.
  2. Pada umumnya, kita akan memilih Template Blog yang SEO Friendly atau Mendukung Optimasi SEO, adanya optimisasi Meta Tags dan Heading Tags justru akan sangat memudahkan teman-teman untukk fokus dalam sktifitas menulisnya bukan?
  3. Jangan ketinggalan nih, Template yang User Friendly juga akan membuat nyaman mata pembaca, tidak menyilaukan dan juga tidak membuat bingung pembaca dengan navigasi tersembunyi atau apalah-apalah.

Tips Memilih Template Gratis untuk Blogger

Naah akhirnya kita sampai juga pada point utama didalam artikel ini nih teman-teman. Untuk teman-teman yang langsung membaca pada point utama ini, saya sarankan untuk membaca point sebelumnya diatas yah.

Perhatikan Versi Mobile-nya

Yupt.. Point pertama ini memang patut dipertimbankan nih teman-teman. Karena setiap kali menemukan template yang nikmat dipandang, biasanya kita akan melihat dari segi desainnya terlebih dulu kan?

Baca juga: Manfaat Template Blog yang Responsive


Kalau desain templatenya Keren yaa langsung download, nah kalau desain templatenya biasa aja paling di skip dulu terus buka tab baru buat cari template lagi.

Saking banyaknya template keren yang kita download, mungkin bisa bikin folder download di komputer kita kepenuhan sama Template Gratisan nih teman-teman.

Ada yang mengalami fase seperti ini? Yaaa.. saya juga mengalami hal yang sama kok teman-teman.

Tapi terkadang kita terlalu nyaman melihat struktur template pada versi desktop saja lho teman-teman.

Padahal versi mobile nya masih banyak yang harus di revisi agar nyaman dipandang oleh visitor.

Misalnya begini, ada beberapa template yang saya lihat ternyata sengaja menampilkan widget / banner / iklan di sidebarnya pada versi mobile.

Padahal sebenarnya widget itu tidak terlalu penting untuk ditampilkan pada versi mobile, bahkan parahnya lagi bisa membuat tampilan blog versi mobile kita menjadi berantakan lho.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Widget Tertentu pada Smartphone


Atau misalnya begini, pada versi desktopnya, semua tampilannya sudah sangat cocok dengan yang kita harapkan. Tapi ternyata container (jarak tepi layar ke body template) pada versi Mobilenya terlalu besar, sehingga akhirnya seorang blogger akan mulai disibukkan dengan modifikasi template.

Buang-buang waktu kan jadinya?

Jadi mulai sekarang, kita harus perhatikan juga desain versi desktopnya nih teman-teman. Supaya blog kita akan tetap nyaman dilihat oleh pengunjung dari mana saja.

Bandingkan dengan Template Sejenis

Ini juga tidak kalah menariknya nih teman-teman, karena biasanya beberapa template yang kita dapat langsung dari template creator, biasanya memang harus di modifikasi lagi sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Tapi jika teman-teman mendapatkan template dari para template modifikator, biasanya akan ada penambahan-penambahan widget dan script yang dapat membuat tampilan blog kita menjadi lebih ganteng dan cantik seperti adminnya.

Baik itu dilihat dari versi Desktop ataupun dari versi Mobile.

Bukankah melanggar hak cipta dari Template Creator?

Tenang saja, hal ini tidak akan melanggar Hak Cipta karena para template Modifikator akan tetap menyisipkan Link Credit pada footernya untuk memberikan Backlink kepada Template Creatornya.


Resiko seperti Loading Template yang semakin berat atau bahkan berkurangnya kinerja SEO pada template, tidak dapat kita hindari lho teman-teman.

Karena sebagian banyak Modifikator itu tugasnya hanya merubah dan merapihkan desain yang ada, juga mengurangi dan menambahkan feature yang ada pada template originalnya.

Lihat Feature Shortcodenya

Point ketiga ini menurut saya sangat dibutuhkan bagi teman-teman yang ingin fokus menulis, menulis, dan terus menulis.

Ada yang tahu alasannya?

Yapps... Shortcode ini sengaja dibuat oleh template creator untuk memudahkan semua blogger untuk bisa fokus menulis dan berkreasi.

Bahkan dengan adanya shortcode ini, seorang blogger tidak harus pusing menghafal puluhan bahkan ratusan tag HTML untuk mempercantik artikel yang ditulis.

Nah, biasanya akan selalu ada pertanyaan seperti ini bagaimana cara melihat adanya Shortcode pada template yang akan kita download nih kang?

Sebenarnya gampang saja sih.. teman-teman bisa lihat contoh artikel saya yang berjudul Download Template Blogger N Light Responsive 2016, pada artikel itu, teman-teman bisa melihat sebuah tabel ditengah artikel yang isinya adalah beberapa feature yang disiapkan oleh template tersebut.



Jika teman-teman melihat adanya ShortCode pada tabel itu, berarti teman-teman tidak perlu dipusingkan lagi untuk memahami tag html untuk mempercantik artikel yang kita tulis.

Cara menggunakan Shortcode pun sebenarnya relatif mudah kok teman-teman. Teman-teman bisa lihat beberapa Shortcode yang sering digunakan pada halaman Kamus HTML yang sudah saya sediakan.

Nah untuk menerapkannya di dalam artikel kita, teman-teman cukup membuka editor blog nya lalu pilih metode HTML seperti contoh gambar disamping ini.

Setelah itu, teman-teman bisa coba tuliskan kode berikut ini sebagai contoh.
<a href="https://www.kangwira.com">Kang Wira</a>

Jika kita ingin menampilkan kode yang sama seperti contoh diatas, biasanya kita harus melakukan Parse dulu bukan? Tapi jika pada template tersebut sudah disediakan feature shortcode, kita cukup menambahkan kode <xmp> saja.

Berikut ini saya contohkan penulisannya.
<xmp><a href="https://www.kangwira.com">Kang Wira</a></xmp>

Maka hasilnya akan sama seperti ini juga sih sebenarnya:
<a href="https://www.kangwira.com">Kang Wira</a>

Lebih mudah lah pastinya dan gak ribet untuk parse kode dulu kan?

Nah itu hanya sebagai contoh saja yah teman-teman. Kita bisa kreasikan postingan kita agar menjadi artikel yang tidak bosan untuk dibaca oleh pengunjung.

Untuk saat ini, sekian dulu tips yang saya berikan dalam memilih template gratis. Semoga mudah dipahami yah teman-teman.

Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar dibawah artikel ini yah teman-teman. Dan jangan lupa untuk tetap berlangganan artikel blog kang wira, agar tidak ketinggalan tips menarik lainnya.


Previous
Next Post »
BLOGGER
DISQUS

No comments