Saturday, June 9, 2018

Tips Mengatur Jadwal Auto Posting dengan Fungsi Schedule Post yang ada di dalam Blog

Chat on Whatsapp

Beberapa minggu yang lalu ada sahabat Kang Wira yang menanyakan bagaimana cara melakukan posting secara otomatis dihari tertentu tanpa harus login kedalam akun blognya.

Saat itu saya menjawab dengan sangat singkat yaitu bisa dengan menggunakan Schedule Post yang sudah disediakan dalam pengaturan Blog. Bagi teman-teman yang masih baru di dunia blogging mungkin belum tahu adanya fungsi Schedule Post yang saya maksud kali ini, jadi baca terus sampai selesai yah teman-teman.

Tips Mengatur Jadwal Auto Posting dengan Fungsi Schedule Post yang ada di dalam Blog
Sebenarnya untuk memposting artikel secara otomatis di waktu tertentu, teman-teman bisa menentukan waktu yang tepat dengan menggunakan Fungsi Schedule Post yang bisa kamu lihat didalam Post Editor tepatnya disebelah kanan layar monitor.
(lihat gambar dibawah)

Tips Mengatur Jadwal Auto Posting dengan Fungsi Schedule Post yang ada di dalam Blog
Coba perhatikan gambar disamping ini, terlihat ada sebuah menu Jadwal yang dapat kita manfaatkan untuk melakukan Auto Posting artikel yang akan kita buat.

Mungkin teman-teman yang saat ini sedang baca artikel saya pun sudah sangat paham dengan fungsinya bukan?

Selanjutnya kita hanya perlu menentukan tanggal dan waktu yang kita inginkan agar fungsi jadwal ini berjalan sesuai harapan kita. Fungsi Schedule Post ini sebenarnya sudah lama ada pada system blogger, hanya saja masih belum di optimalkan penggunaannya.

Maka dari itu, di artikel kali ini saya tidak hanya memberikan tutorial menggunakan Fungsi Schedule Post didalam blogger, tapi saya juga akan memberikan sedikit tips agar Artikel yang akan kita posting secara otomatis nanti akan lebih optimal.

Tips Mengatur Schedule Post Blogger

Melanjutkan pembahasan pada paragraf sebelumnya, bahwa fungsi ini sudah bisa berjalan hanya dengan cara menentukan waktu dan tanggal nya saja maka artikel kita sudah bisa di publikasikan secara otomatis.

Pada artikel saya yang berjudul Apakah Seorang Blogger Harus Memiliki Target Pencapaian, saya sedikit menjelaskan bawha kita sebagai penulis blog, harus memiliki target banyaknya artikel yang akan kita buat.

Apabila teman-teman blogger yang membaca artikel ini ternyata belum memiliki Target, silahkan baca dulu artikel Target Seorang Blogger yang ada di blog ini.

Ketika kita sudah membuat target Pencapaian Artikel, maka seharusnya stok artikel yang sudah kamu siapkan sebelumnya, sudah bisa kita setting waktu dan tanggal nya agar sesuai dengan jadwal yang kita inginkan.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Publish Artikel?

Menentukan waktu yang tepat untuk Publish Artikel itu memang tidak mudah lho teman-teman karena ternyata kita juga perlu melakukan research untuk target pembaca terlebih dulu.

Pastikan semua artikel yang akan kita siapkan sudah sesuai dengan Target Pembaca Blog kita yah teman-teman.

Menurut Research yang saya buat beberapa minggu lalu, ternyata kita sebagai penulis perlu menentukan waktu yang tepat untuk Posting Artikel pada jam-jam berikut ini

No.Waktu Jam (WIB)
1.Pagi 08.00 - 10.00
2.Siang 14.00 - 15.00
3.Sore 16.30 - 18.00
4.Malam 20.30 - 22.00

Melihat pada tabel yang saya buat diatas, kamu juga bisa mencoba untuk melakukan research time demi menentukan Kapan Waktu yang Tepat untuk Posting Artikel. Lalu perlahan kamu praktekkan sendiri ya teman-teman.

Ingat 1 hal yang wajib kamu perhatikan, yaitu Konsistensi untuk Tetap Menulis.
Karena masih banyak sekali blogger yang selalu mengeluh soal Konsistensi.

Semoga Bermanfaat.


Previous
Next Post »
BLOGGER
DISQUS

No comments