Monday, November 20, 2017

Maksimalkan Fitur ini untuk Promosi Artikel Blog

Chat on Whatsapp

Web Based Tools yang dikenal dengan nama FeedBurner ini memang tidak pernah dilewatkan oleh setiap penulis, khususnya bagi Blogger Pemula dan Blogger Senior.

Karena Layanan yang diberikan oleh FeedBurner adalah layanan Gratis dari Google yang punya banyak manfaat, seperti meningkatkan Special Traffic, Ads Optimation, List Building dan masih banyak lagi manfaat lainnya dari FeedBurner.

Tapi sayangnya masih banyak blogger yang belum mengetahui bagaimana cara daftar dan apa saja manfaat dari FeedBurner ini.

Maksimalkan Fitur ini Untuk Promosi Blog

Jika kamu sudah tahu cara daftar dan apa saja manfaat-manfaat dari FeedBurner, mungkin artikel saya tentang Re-Design Widget Subscribe Box ini bisa membantu kamu untuk mempercantik tampilan Subscribe Box yang sudah ada pada Custom Template yang kamu gunakan saat ini.

Untuk melanjutkan pembahasan saya kali ini, saya jelaskan dulu tentang RSS FeedBurner yah.

RSS adalah sebuah singkatan dari Really Simple Syndication, yang fungsinya sebagai tools yang akan mengambil konten-konten terbaru dari blog kita.

FeedBurner adalah layanan management umpan web atau lebih dikenal sebagai Web Feed yang terdiri dari RSS Feed, alat publikasi dan alat pengelola lainnya yang kita kenal sebagai management tools .

Layanan FeedBurner menyediakan statistik lalu lintas dan alat promosi yang dapat dipilih dari masing-masing URL blog yang sudah di tautkan. Nah fitur yang sering kita gunakan pada layanan FeedBurner diantaranya adalah Email Subscriptions dan FeedCount.

Pada dasarnya, penulis yang baru membuat sebuah blog sudah diberikan Feed Default dari System Blogspot itu sendiri. Feed Default Blogspot dapat kamu lihat pada link dibawah ini.

http://blogkamu.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss

Rubah text yang sudah saya tandai diatas dengan URL blog kamu yah.

Lalu apa gunanya Daftar FeedBurner jika blogspot sudah memberikan RSS Feed secara Default kepada para penggunanya?

Seperti yang saya jelaskan diatas bahwa feedburner memiliki banyak fitur yang bisa kita manfaatkan untuk perkembangan blog. Berbeda dengan Feed Default dari blogspot yang kita ketahui tidak ada Management Pagenya.

Jika kamu tertarik untuk ikut memanfaatkan FeedBurner sebagai alat promosi, maka kamu harus mendaftarkan alamat blog kamu pada layanan FeedBurner ini teman-teman.

Bagaimana Cara Daftar RSS FeedBurner?


  • Silahkan kamu kunjungi link FeedBurner terlebih dulu dan login menggunakan Gmail yang terkait dengan Blog kamu.
  • Setelah kamu login, silahkan isi alamat blog kamu pada kolom yang sudah disediakan, lalu klik next.
  • Selanjutnya pada halaman Identify Feed Source silahkan pilih RSS atau Atom dan sesuaikan dengan script rss yang sudah disediakan pada custom template.
  • Setelah itu akan muncul halaman Welcome! Let us burn a feed for you. Silahkan teman-teman isi kolom Feed Title dan Feed Address sesuai keinginan teman-teman.
  • Setelah klik next, akan muncul 2 halaman yang bisa kamu skip dengan cara klik next yaitu halaman Congrats! Your FeedBurner feed is now live. Want to dress it up a little? dan halaman Configure Your Podcast and Tell iTunes How To List It.
  • Di halaman Analyze Traffic atau Get More Gusto From Your Feed Traffic Statistics, kamu bisa langsung pilih Clickthroughs dan I want more!
  • Setelah itu kamu akan diantarkan pada halaman You have successfully updated the feed yang artinya, kamu sudah berhasil memperbaharui feed blog kamu.

Dari sini saya anggap bahwa kamu sudah berhasil mendaftarkan alamat blog pada layanan RSS FeedBurner. Untuk melihat hasil dari RSS Feed Blog yang sudah kamu tautkan pada layanan feedBurner, coba lihat pada link dibawah ini.

http://feeds.feedburner.com/kangwira

Coba kamu gantikan text kangwira yang sudah saya tandi diatas dengan ID FeedBurner yang sudah kamu daftarkan sebelumnya. Jika URL Feed kamu sudah muncul, berarti kamu sudah berhasil membuat ID FeedBurner

Apa Langkah Selanjutnya?


Nah untuk langkah selanjutnya, teman-teman bisa memaksimalkan fitur-fitur yang disediakan oleh Web Feed terkenal ini untuk melakukan Promosi diberbagai media.

Kamu bisa melakukan aktifasi pada masing-masing fitur yang ada pada tab Publicize FeedBurner sesuai kebutuhan blog kamu.

Berikut ini akan saya jelaskan 1 per 1 fitur pada tab Publicize yang disediakan FeedBurner untuk kepentingan Promosi Blog.

Headline Animator

Headline Animator pada FeedBurner sebenarnya berguna untuk membuat sebuah banner animasi. Banner animasi ini akan menampilkan 5 buah judul artikel terakhir didalam blog kamu secara bergantian.

Ada berbagai macam ukuran dan tema yang bisa kamu pilih untuk menghiasi banner animasi tersebut sesuai keinginan kamu.

Berikut ini adalah salah satu contoh Headline Animator yang sudah saya buat menggunakan id KangWira.

Maksimalkan Fitur ini Untuk Promosi Blog

Maksimalkan Fitur ini Untuk Promosi Blog

BuzzBoost


Fitur BuzzBoost pada Publicize FeedBurner sebenarnya sama dengan Widget Recent Post pada sebuah template blogger.

Fitur BuzzBost ini mempermudah kita untuk membuat widget Recent Post, khususnya bagi teman-teman yang belum begitu paham dengan HTML, CSS dan JavaScript.

Namun bagi yang sudah paham dengan HTML, CSS dan JavaScript, Fitur BuzzBoost ini juga bisa kita modifikasi tampilannya sesuai keinginan kita karena kita diberikan kebebasan untuk merubah tampilan dari Widget Recent Post ini oleh FeedBurner.

Ohya, BuzzBoost dalam 1 ID FeedBurner bisa kita tampilkan diblog kita yang lain juga lho teman-teman. Jadi silahkan kamu manfaatkan fitur ini semaksimal mungkin yah.

Email Subscriptions

Dari Judulnya saja kita sudah bisa paham betul dengan fitur Email Subscriptions ini. Fitur ini menugaskan FeedBurner untuk mengirimkan Feed dari artikel yang baru saja kita publish kepada pelanggan setia blog kita melalui email.

Asalkan pengunjung yang sudah mendaftarkan emailnya pada kolom Email Subscriptions harus verifikasi melalui email nya dulu, barulah terdaftar sebagai pelanggan setia yang bisa menerima notifikasi feed melalui email mereka.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Ratusan Email dengan Mudah


Bahkan uniknya lagi ketika kita baru mempublikasikan artikel dalam blog, maka Email Subscriptions akan mulai bekerja dan beberapa pengunjung setia kamu akan menerima notifikasi melalui email mereka lalu berlomba untuk membaca artikel kamu lebih dulu.

Seru yah apabila kita sudah berhasil menarik pelanggan untuk menjadi pelanggan setia.

Untuk melihat jumlah pelanggan setia yang sudah memverifikasi berlangganan melalui email, silahkan teman-teman pilih tab Publicize lalu pilih Email Subscriptions dan klik pada menu Supscription Management setelah itu klik View Subscriber Details.

Atau teman-teman bisa lihat gambar dibawah ini.

Maksimalkan Fitur ini Untuk Promosi Blog

Pada Fitur ini, kita bisa menyesuaikan Format Text, favicon, dan menentukan waktu bagi robot FeedBurner untuk mengirimkan Feed kepada pelanggan blog kita.

Untuk memaksimalkan Fitur Email Subscription sebagai alat promosi, mungkin akan saya bahas pada artikel selanjutnya.
Jadi jangan lupa untuk mendaftarkan email kamu pada kolom berlangganan secara gratis yang ada diakhir artikel ini dan pastikan kamu memverifikasi link yang diberikan oleh system FeedBurner melalui email.

Sedangkan jumlah pelanggan yang hanya mendaftarkan emailnya tanpa memverifikasi melalui email, dapat kita lihat menggunakan fitur FeedCount yang akan saya bahas pada point selanjutnya.

FeedCount

FeedCount pada fitur FeedBurner ini adalah sebuah Widget Tombol Kecil yang menampilkan jumlah subscriber secara keseluruhan.

Saya ingatkan kembali bahwa jumlah yang tampil pada widget FeedCount ini adalah jumlah pasif yang artinya semua email yang sudah terdaftar akan tetap dihitung pada widget ini tanpa terkecuali.

Baca juga : Membuat Halaman Recent Post di Blog


Widget FeedCount ini memiliki pilihan warna yang cukup banyak, jadi kamu bisa menentukan warna widget agar sesuai dengan warna pada template yang kamu gunakan saat ini.

PingShot

Fitur Notifikasi untuk Pelanggan apabila ada artikel yang akan kita promosikan kembali. Fitur ini akan sangat berguna bagi kamu yang sudah memiliki banyak pelanggan tetap didalam blog kamu.

Socialize

Fitur Automatic Share yang satu ini, sangat bermanfaat sekali apabila kita memiliki akun twitter dengan banyak followers lho teman-teman. Socialize akan bekerja setelah kita mempublikasikan artikel baru.

Fitur Socialize ini hampir sama seperti fitur Auto Share Google+ yang dapat kita jumpai pada pengaturan blogspot. Fitur autoshare ini termasuk realtime yah teman-teman, jadi akan langsung melakukan share ketika baru publikasi artikel.

Adanya management page pada fitur ini membuat kita lebih mudah untuk mengatur feed yang tampil pada akun twitter kita. Bahkan kita bisa menentukan Hashtag apa yang akan kita sertakan untuk menarik minat pembaca.

Chicklet Chooser

Fitur ini sebenarnya seperti sebuah tombol share yang terlihat standar tapi menarik untuk di pasang kedalam blog, khususnya pada penempatan di bawah artikel nih. Untuk penampakannya teman-teman bisa lihat Sample Gambar dibawah ini.

Maksimalkan Fitur ini Untuk Promosi Blog

Creative Commons

Menurut Pengertian dari Situs Wikipedia, Creative Commons itu adalah sebuah organisasi nirlaba yang fokus untuk memperluas cakupan karya kreatif yang tersedia untuk orang lain secara legal agar dapat digunakan kembali atau dibagi secara luas kepada pengguna internet.

Umunya file-file berlisensi CC berada dalam domain public seperti di youtube, forum dan website atau blog yang sudah memiliki izin pendistribusian.

Password Protector

Proteksi Blog Dengan Memanfaatkan Fitur Password Protector ini sebenarnya tidak saya sarankan bagi blogger pemula, karena terkesan menjual artikel kepada pembaca.

Password Protector ini dibuat untuk menghalangi pengunjung untuk membaca artikel kita. Jadi buat apa kita bikin artikle apabila kita aktifkan fitur ini ?

NoIndex

Fitur ini membantu kita agar Feed tidak terindex oleh mesin pencarian. Artinya Feed blog yang sudah aktif tidak akan muncul pada mesin pencari seperti google, bing, yandex dan lain sebagainya.

Saya sih belum pernah menggunakan Fitur ini, jika teman-teman ingin mencoba atau bahkan sudah ada yang pernah mencoba, silahkan berikan pendapat kamu tentang NoIndex pada FeedBurner ini.

Nah setelah kamu mengetahui beberapa fitur yang disediakan oleh layanan FeedBurner ini, selanjutnya adalah maksimalkan masing-masing fitur yang sudah saya bahas diatas.

KESIMPULAN
Buatlah sebuah kreasi dengan memanfaatkan fitur-fitur diatas. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal dalam mempromosikan artikel dalam blog.

Dan ingatlah bahwa aktifitas Blogwalking yang terlalu tinggi, akan berdampak buruk terhadap kualitas blog yang kamu kembangkan sampai saat ini.

Ohya, jika dirasa artikel ini cukup bermanfaat bagi teman-teman blogger pemula seperti saya, jangan lupa untuk daftarkan email kamu pada kolom berlangganan dibawah ini supaya kamu mendapatkan notifikasi apabila ada artikel baru dalam blog ini.

Sekian dulu artikel saya tentang Maksimalkan Fitur ini untuk Promosi Artikel Blog kali ini, berikan juga saran dan pendapat kamu pada kolom komentar agar saya lebih bersemangat lagi untuk membuat artikel-artikel baru.


Previous
Next Post »
BLOGGER
DISQUS

4 comments

ternyata banyak banget ya manfaatnya

Balas

Sebenarnya berapa banyak tool yang harus digunakan oleh seorang blogger? Terkadang hanya yang memakai satu tool saja, namun blog itu kualitasnya terus tumbuh. Ada yang gunakan banyak tool blog malah turun kualitasnya.

Balas

Tools yang paling penting itu adalah Keyword Research mas. Selanjutnya hanya tinggal mengasah kemampuan menulis saja. Akan dirasa cukup menggunakan 1 tools jika logika dan kemampuan menulis nya mendukung.

lain jika belum memiliki insting dalam memilih keyword yang tepat dan kurangnya kemampuan menulis.

Balas