Thursday, November 30, 2017

Ternyata Menulis Artikel Blog itu harus Sesuai Ketentuan

Chat on Whatsapp

WarnetQQ Situs Poker Online Terpercaya Domino99 Online

Situs Poker Online Terpercaya SBCC
Aktifitas Menulis Artikel kedalam Blog mungkin bisa menjadi salah satu hobi yang sangat mengasikkan apalagi bagi teman-teman yang sudah menguasai pengetikan menggunakan 10 jari.

Rasanya ingin selalu menulis.. menulis.. dan terus menulis.

Hal ini jelas sangat bertolak belakang dengan Aktifitas Blogger Copaser ataupun AGC (baca: Auto Generated Content) yang tidak memiliki hobi menulis. Saya jadi ingat pepatah ini Sesuatu yang dikerjakan secara instant maka akan berakhir secara instant juga.



Karena masih banyak blogger yang memanfaatkan Copy Paste artikel-artikel yang berbobot milik blogger lain untuk di Publikasikan kedalam blog miliknya. Padahal sudah jelas bahwa Copy Paste Artikel milik orang lain itu melanggar ketentuan yang ada.

Sampai-sampai timbul pertanyaan dari dalam hati saya.

Sebenarnya apa sih yang mereka (baca:plagiat) kejar selama ini dari aktifitas copy paste artikel miliki orang lain? Apakah aktifitas itu membuahkan hasil yang dapat dibanggakan?

Yaa.. jika memang aktifitas copy paste itu bisa membuahkan hasil yang bisa dibanggakan, kenapa masih banyak blogger yang mengeluh dengan aktifitasnya itu?

Dalam aktifitas menulis sebenarnya kita hanya tinggal menuliskan sebuah cerita atau sebuah pengalaman dan pendapat tentang suatu hal yang sudah kita kuasai. Dan aktifitas ini cukup kita kerjakan dari belakang layar monitor Desktop / Laptop / Smartphone saja.

Tetapi lain ceritanya apabila kita tergolong sebagai seorang blogger pemula yang baru belajar dalam membuat artikel. Dimana kita dituntut untuk selalu konsisten dalam membuat artikel sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yang bisa dinikmati oleh setiap pengunjung blog.

Ada salah satu ebook yang pernah saya baca tentang Blogger Pemula tidak bersalah melakukan Copy Paste. Dilihat dari judulnya sih sepertinya memang menarik untuk dibaca.

Baca juga: Tips Menjadi Penulis Blog


Ohya ngomong-ngomong soal Dinikmati. Menurut kamu artikel yang seperti apa sih yang akan dinikmati oleh pembaca? Coba berikan pendapat kamu pada kolom komentar ya.

Kalau menurut pendapat saya, ternyata menulis saja tidak cukup untuk menarik perhatian pembaca agar bisa menikmati sajian artikel yang sudah kita buat.

Sebagai seorang penulis biasanya seorang blogger akan melakukan sedikit analisa dari berbagai sumber referensi terlebih dulu, setelah itu barulah merangkum beberapa point yang tepat dari hasil analisa tersebut dan menyusun kalimat penyampaian agar artikel yang disajikan bisa lebih dinikmati oleh pembaca.

Naah.. Tuntutan yang cukup berat bagi pemula seperti saya adalah saat menyusun kata demi kata hingga menjadi sebuah kalimat yang nyaman dan menarik untuk dinikmati oleh pengunjung. Juga tentunya pengunjung akan tetap mendapatkan informasi yang mereka cari melalui Google.

Sayangnya..

Untuk membuat artikel blog informatif yang mudah ditemukan dalam pencarian google itu dibutuhkan pengetahuan yang cukup tentang SEO (baca: Search Engine Optimizer) yang baik.

Baca juga : Tips Terbaru Membuat Artikel Blog Agar Menjadi SEO


Jadi teman-teman harus mempelajari tentang SEO juga agar artikel yang ditulis bisa duduk dihalaman pertama pada mesin pencarian google.

Pada artikel kali ini, saya tidak akan membahas tentang jenis-jenis SEO yang sering digunakan oleh sebagian besar kalangan blogger yah. Saya hanya akan membahas Beberapa Ketentuan Dalam Menulis Artikel yang Menarik juga Berkualitas.

Setidaknya point-point yang terkandung didalam ketentuan ini akan membawa blog kamu menduduki peringkat yang cukup baik dimata pengunjung yang kamu undang.

Jadi apabila kamu sudah selesai mempublikasikan artikel yang isi kontenya sudah cukup menarik dan berkualitas, tugas kamu yaa mengundang teman-teman diskusi kamu untuk menilai artikel kamu itu.

Bukan hanya mengundang teman-teman diskusi, mengundang orang lain untuk membaca artikel kita pun sebenarnya bisa kita manfaatkan untuk menerima tanggapan dari pembaca.

Karena biasanya para pengunjung akan senang hati untuk membaca secara teliti terhadap artikel yang panjang dengan penyampaian informasi yang mudah dipahami. Dan tentunya mereka (pembaca) akan menilai Bagaimana Kualitas Artikel yang baru saja kamu buat.

Baca juga : Tips Sukses Blogwalking


Jadi jika kamu langsung mendapatkan komentar yang menyampaikan bahwa artikel kamu cukup menarik dan cukup berkualitas, berarti kamu berhasil menulis artikel berkualitas yang sesuai dengan Ketentuan.

Teknik diatas mengingatkan saya pada sebuah slogan iklan yang berbunyi :
Pandangan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah anda

Namun jika kamu mendapatkan komentar yang menyampaikan bahwa mereka kesulitan memahami informasi yang kamu sampaikan didalam konten, berarti kamu harus melihat beberapa point dibawah ini agar artikel kamu lebih menarik dan berkualitas sesuai dengan ketentuan.

Tapi jangan coba-coba menghapus artikel kamu yang memiliki komentar negatif dari pembaca yah. Karena selain sebagai penyemangat untuk meningkatkan kualitas artikel, masih ada alasan lain dari menghapus artikel yang bisa kamu temui pada tombol dibawah ini.



Tapi sayangnya masih banyak blogger pemula seperti saya, yang malas untuk membaca artikel-artikel dari google guidelines ini.

Tenang saja..

Saya berhasil merangkum point-point yang ada pada google guidelines yang bisa kamu baca pada panel dibawah ini. Jadi dalam hal ini, ketentuannya saya bagi menjadi 3 kategori yah teman-teman.

Berikut ini adalah Ketentuan Menulis yang saya salin langsung dari Google Guidelines

Ketentuan dari Google Guidelines

  • Buat laman yang utamanya untuk pengguna, bukan untuk mesin telusur.
  • Jangan menipu pengguna Kamu.
  • Hindari trik yang dimaksudkan untuk meningkatkan peringkat mesin telusur.
  • Pikirkan tentang apa yang membuat web blog Kamu unik, berharga, atau menarik.
  • Buat web blog Kamu menonjol dari yang lain di bidang Kamu.
  • Memantau Blog Kamu untuk memeriksa adanya peretasan dan membuang konten yang diretas begitu konten tersebut muncul.
  • Mencegah dan membuang spam yang dibuat oleh penggunjung di Blog Kamu.

Dan berikut ini adalah Ketentuan Menulis menurut Pendapat saya sendiri. Maaf jika masih ada yang perlu ditambahkan, silahkan teman-teman berikan pendapat kamu di kolom komentar dibawah artikel ini yah.

Ketentuan Menulis Artikel

  • Memiliki Struktur Paragraf yang jelas
  • Mengandung Keywords dalam setiap Paragraf
  • Sedikitnya memiliki 1000 kata dalam artikel
  • Memiliki Kalimat yang berkarakter (Ciri Khas)
  • Perhatikan tanda baca yang digunakan dalam setiap kalimat
  • Informasi yang mudah dipahami
  • Menentukan daya tarik dimata pengunjung
  • Perhatikan Kosakata dalam setiap kalimat

Perhatikan beberapa point yang dilarang oleh Google Guidelines yang dapat menyebabkan resiko-resiko seperti de-index, sandbox, banned dan lain sebagainya.

  • Konten yang dibuat secara otomatis (Blog AGC)
  • Berpartisipasi dalam skema tautan
  • Membuat laman yang berisi sedikit atau tanpa konten asli
  • Penyelubungan
  • Pengalihan tersembunyi (Auto Redirect)
  • Teks atau tautan tersembunyi
  • Laman doorway (Safelink)
  • Konten salinan (Artikel CoPas)
  • Berpartisipasi dalam program afiliasi tanpa menambahkan nilai yang memadai
  • Memuat laman dengan kata kunci yang tidak relevan
  • Membuat laman dengan perilaku berbahaya, seperti phishing atau pemasangan virus, trojan, maupun badware lainnya
  • Menyalahgunakan markup cuplikan kaya
  • Mengirim kueri otomatis ke Google

Kenapa saya merasa bahwa point-point diatas sangat dibutuhkan untuk semua sahabat KangWira?

Yang Jelas karena saya perduli dengan teman-teman blogger lain khususnya blogger pemula seperti saya yang masih berjuang untuk membuat artikel blog yang menarik juga berkualitas agar dapat bersaing dengan artikel berbobot lainnya.

Disini saya coba memberikan sedikit gambaran tentang Struktur Paragraf yang kamu ikuti saat menulis artikel agar tulisan kamu lebih bernilai.

Menulis Artikel SEO

Nah disini saya hanya akan mengingatkan teman-teman bahwa kinerja SEO itu sangat kejam. Bahkan dapat menenggelamkan artikel-artikel kita yang dianggap tidak berkualitas oleh Mesin Pencari Google.

Ngeri yah persaingan artikel yang SEO Friendly itu?

Baca juga : Cara Kirim Artikel Ke Google


Ohya sempat ada yang bertanya kepada saya tentang membuat artikel blog tapi takut salah ucap atau salah kalimat dalam penyampaiannya.

Kesimpulan
Menurut saya, setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dalam menyampaikan suatu pesan, baik itu pesan yang bersifat informatif maupun yang bersifat edukatif.

Jadi jangan pernah merasa takut untuk menuliskan pendapat kamu didalam artikel yah teman-teman.

Mungkin sedikit dari teman-teman yang mampir diblog ini ada yang sudah menerapkan ketentuan-ketentuan yang saya bahas diatas sebelum membaca artikel ini?

Mohon berikan pendapat kamu soal Ketentuan Menulis Artikel Blog yang saya bahas kali ini pada kolom komentar dibawah yah teman-teman.

Baca juga : 8 Alasan Blogger Berhenti Menulis


Cukup sekian dulu pembahasan kita kali ini dan segeralah benahi artikel-artikel kamu dari sekarang. Jika dirasa bermanfaat, jangan lupa isi alamat email kamu pada kolom berlangganan dibawah ini supaya kamu mendapatkan update terbaru tentang perkembangan blog.


Previous
Next Post »
BLOGGER
DISQUS

2 comments

Berpartisipasi dalam skema tautan ini yang bagaimana kok saya gak ngerti mohon penjelasannya suhu.

Balas

Menurut penjelasan di Google Guidelines, Skema Tautan ini kata lain dari inbound link dan ekternal link yang digunakan berlebihan.

lebih jelasnya bisa cek link dibawah ini yah.
https://support.google.com/webmasters/answer/66356?hl=id

Balas