Monday, May 15, 2017

Tips Menjadi Penulis Blog

Chat on Whatsapp

Memiliki Blog tanpa memperhatikan system SEO yang bisa bikin kepala kita pecah itu, memang tidak akan ada artinya. Karena pada saat membuat sebuah artikel yang berkualitas, Keyword sebagai salah satu pendukung SEO sangat berperan penting. (Minimal kita ngerti dasarnya saja dulu). Di Tahun 2016 terbukti bahwa ilmu SEO memang sangat diminati oleh hampir semua pemilik blog dan salah satunya saya sendiri. Sejak Google mengganti Algoritmanya dengan teknik yang sangat terbaru dan paling canggih yang dinamakan Algoritma Hummingbird, maka postingan kita bisa tampil otomatis dihalaman pertama Google.

Tips Menjadi Penulis Blog

Ditahun 2017 ini Algoritma SEO semakin berkembang, ada Algoritma Hummingbird, Algoritma Panda dan Algoritma Penguin. Jadi kali ini Kang Wira tidak akan membahas soal SEO daulu yah. Karena kali ini saya hanya memberikan beberapa Tips untuk Tips Menjadi Penulis Blog, maka hanya akan ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu teman-teman blogger setanah air untuk menampilkan url blog kamu dihalaman pertama google secara optimal. Sekarang akan saya berikan beberapa tips yang saya rangkum agar blog kita bisa nongkrong dihalaman pertama google.

1. Menulis artikel yang paling banyak dicari

Buatlah artikel yang paling banyak dicari tapi bukan artikel musiman yah. Contohnya seperti artikel blog yang berisi tentang berita yang Viral dan biasa kamu update setiap mendapatkan berita populer di hari ini, lalu kamu kembangkan karakter penyampaiannya di blog kamu itu sehingga artikel tersebut tidak akan dicari orang lagi dilain hari.
(Mis. berita pembegalan, berita kecelakaan dan berita "Om Telolet OM").

2. Memanfaatkan Mesin Pencarian

Yupt.. Manfaatkan mesin pencarian seperti Google, Bing, Yandex dan mesin pencarian lainnya untuk mendapatkan Keyword Suggestion untuk artikel yang akan kita publish.(lihat gambar dibawah ini)

Keyword Sugestion

Sampai saat ini sudah banyak sekali blogger yang memanfaatkan mesin pencarian, dan saya pun sering melakukan hal ini untuk mendapatkan beberapa ide untuk menulis. Jadi jangan pernah merasa takut jika harus bersaing dengan artikel blogger lain.

Baca juga : Cara Mudah Pasang Keyword di Blog


3. Menggunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Pada saat kamu memberikan pengalaman dan manfaat yang baik bagi pengunjung dengan cara menggunakan kosa kata yang benar, susunan kalimat yang tepat, dan juga alur yang mudah dipahami, maka akan ditandai oleh Google sebagai artikel yang berkualitas dan akan otomatis tampil dihalaman pertama Google. Tapi dengan memanfaatkan hal ini, jangan sampai karakter bahasa yang sering kamu pakai menjadi berubah drastis yah. Karena ketika pengunjung merasa penasaran untuk membaca artikel kamu yang lain, mereka akan merasa kebingungan menilai karakter blog yang kamu bangun.




Misalnya pada artikel Tips Menjadi Penulis Blog, kamu menggunakan bahasa Saya dan Anda untuk berinteraksi dengan pengunjung. Lalu pada artikel selanjutnya (mis. Tips Terbaru Membuat Postingan Agar Menjadi SEO) kamu menggunakan Bahasa Aku dan Kamu untuk berinteraksi dengan pengunjung.

Nanti kamu malah dinilai sebagai blogger yang ababil.. Mau ?!

4. Jangan coba-coba Copy Paste

Waduuh.. Point ini agak berat menjelaskannya bagi saya. Selain dilarang oleh Google, banyak blogger yang sering kena hinaan dari pengunjung dan parahnya lagi jika hinaan ini sudah keluar dari mulut para blogger. Logikanya begini..

Jika kamu membuat artikel dari hasil Copy Paste, lebih baik kamu berhenti membangun blog. Karena menurut saya, hal ini akan berakhir percuma dan tidak akan membuahkan hasil yang baik, dan pastinya akan sangat merugikan orang lain juga loh. Artikel yang dijamin keasliannya pasti akan memiliki kualitas yang jauh lebih baik daripada sekedar Copy Paste. Apalagi jika ada artikel lain yang memiliki artikel dengan Pembahasan yang sama, mungkin akan tersingkir dengan artikel kamu yang lebih berkualitas.


Kamu takut artikel yang sudah kamu buat dengan susah itu di Copy Paste oleh blogger lain? Kamu bisa menghindari kejadian ini dengan berbagai cara, dan salah satu caranya bisa kamu baca pada artikel Kang Wira dengan judul Cara Mematikan Klik Kanan di Blog.


5. Rutin Melakukan Blogwalking

Apa itu Blogwalking? Saya sudah pernah membahasnya di artikel Tips Sukses Blogwalking. Saya harap kamu belum baca artikelnya, jadi sebelum menuju pada point selanjutnya lebih baik kamu baca dulu Tips Sukses Blogwalking.

Nah.. Aktifitas blogwalking ini menurut saya memang point yang paling wajib. Karena tanpa adanya blogwalking, kamu tidak akan berhasil mengejar target dalam membangun backlink. Ngerti kan maksud saya? Jadi berusahalah untuk konsisten melakukan blogwalking misalnya 2x dalam seminggu atau 6x dalam sebulan mungkin sudah cukup untuk membangun beberapa backlink.

6. Lakukan Promosi Offline

Mungkin banyak blogger yang menganggap lemah point ke-6 ini. Tapi percaya atau tidak, hal ini memang berpengaruh terhadap traffic. Contohnya seperti Membuat Kartu Nama atau Topi dengan menyisipkan URL / Domain dibagian depan atau belakangnya.

Bagaimana Menurut kamu ?

Blog Kang Wira sendiri sampai saat ini belum menerapkan Point ke-6 ini karena banyak faktor yang menjadi kendala saya untuk mengerjakannya. Semoga kamu tidak mengalami kendala yang sama dengan saya yah.

Nah, itu saja tips dari saya mengenai Tips Menjadi Penulis Blog. Apabila blog Kamu mau selalu tampil di halaman pertama Google dan tidak ingin tersaing dengan blog lain. Sebaiknya kamu wajib memahami cara kerja Algoritma Hummingbird, Algoritma Panda dan Algoritma Penguin.

Sekian dulu artikel Tips Menjadi Penulis Blog jika ada kekurangan, silahkan kamu tambahkan pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini yah.

Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

KASIH KOMENTAR DISINI

BLOGGER
DISQUS
Pilih System Komentar

No comments