Thursday, October 26, 2017

Apakah Seorang Blogger Harus Memiliki Target Pencapaian?

Chat on Whatsapp

Sama seperti pada sebuah bisnis yang sedang dibangun, maka akan terlihat perkembangannya ketika mencapai target yang sudah ditentukan.

Perlu kamu ketahui, Target Pencapaian tidak hanya diwajibkan bagi pebisnis saja. Saat kita masih duduk dibangku sekolah pun kita sudah diajarkan untuk mencapai sebuah target, yaitu nilai tinggi yang harus dicapai melalui sebuah ujian. Dan banyak perusahaan-perusahaan sukses karena diawali dengan membuat Target Pencapaian dengan skala yang sangat besar.


Melihat dari gambaran diatas, saya pun menyadari bahwa Seorang Blogger pun sebenarnya Harus Memiliki Target Pencapaian jika ingin blognya berkembang.

Dalam artikel Jangan Nekat untuk Menghapus Artikel Lama pada blog ini, kita bisa melihat dari semua pakar blogger yang sukses mengembangkan beberapa blognya. Yakinlah bahwa perkembangan blognya bukan karena suatu keberuntungan yang memihak kepada mereka yang malas.

Kenapa saya katakan Suatu Keberuntungan ?


Karena saya juga pernah mengharapkan Suatu Keberuntungan agar blog ini dapat berkembang dengan sendirinya. Nyatanya hanya dengan melihat traffic yang meningkat dalam sehari saja, saya sudah benar-benar merasa senang saat itu.

Pada artikel ini saya kembali merangkum hasil dari analisa saya tentang Target Pencapaian seorang blogger yang sering diabaikan oleh teman-teman blogger pemula. Coba kamu perhatikan beberapa penjelasan dari target pencapaian dibawah ini.

ARTIKEL

Artikel mejadi target pencapaian yang paling utama, karena saya melihat masih banyak teman-teman blogger yang sering mengeluh karena sering merasa kesulitan dalam membuat artikel.

Sulit mencari Ide, sulit membuang rasa malas, sulit mengatasi rasa jenuh, dan masih banyak alasan-alasan lain yang dikeluhkan teman-teman blogger. Sama halnya dengan yang saya alami sampai saat ini.

Baca juga : Banyak Blogger yang Frustasi Karena 4 Alasan ini


Nah bagaimana cara kita menentukan Target Pencapaian pada Artikel yang saya maksud kali ini?

Anggap saja saya sebagai pemula yang baru saja ingin membuat sebuah blog. Biasanya saya akan merasa sangat sulit menentukan topik apa yang akan dibahas pada artikel pertama saya. Namun setelah artikel pertama sudah siap, saya masih merasa bingung menentukan topik yang akan dibahas pada artikel kedua dan seterusnya.



Jadi sebagai permulaan, buatlah target dalam 1 minggu untuk mempublish 5 artikel terlebih dulu. Setelah tercapai 5 artikel dalam waktu 1 minggu, coba naikkan target pencapaiannya menjadi 50 artikel dalam waktu 2 minggu, atau bisa juga menjadi 100 artikel dalam 1 bulan atau bahkan 1000 artikel yang dipublish dalam waktu 6 bulan.

Lalu mulailah untuk mengejar target demi 1 buah pencapaian ini.

Tapi ingat, artikel yang saya bahas disini merupakan artikel yang original yah. Bukan re-write atau parahnya lagi dengan cara Copas Artikel blog lain. Karena tugas seorang blogger sesungguhnya adalah Research dan Menulis bukan Copy Paste dari Blog lain.

VISITOR

Sebagai Blogger Pemula, biasanya akan sangat terasa sulit untuk mendapatkan visitor secara organic. Visitor Organic yang saya maksud adalah pengunjung yang datang tanpa diundang melalui sosial media ataupun forum lainnya.

Mungkin bagi penulis blog yang sudah mengenal SEO (read: Search Engine Optimizer), hal ini bukan masalah besar baginya. Tapi bagi pemula seperti saya, bisa diatasi dengan membuat artikel yang sesuai dengan keyword.

Baca juga : Tips Membuat Artikel SEO Friendly


Maka dari itu, kita harus berusaha untuk tetap aktif di berbagai Forum dan Group yang sesuai dengan tujuan dan topik pembahasan dalam blog kita.

Untuk permulaan, buatlah target untuk mencapai 20 UV perhari. Jika target tersebut mudah kamu capai, silahkan tingkatkan lagi targetnya, misalnya saja akan kamu tingkatkan menjadi 50UV perhari, atau 100 UV perhari.

Kejar terus target yang sudah kamu buat hingga kamu bosan dengan pencapaian target UV yang rendah.

Mohon Perhatikan bahwa UV (Unique Visitors) berbeda dengan PV (Page Views). Karena masih banyak sekali blogger yang sering salah mengartikan Singkatan Tersebut.

Banyak yang menggunakan cara licik untuk mendapatkan 1000 – 5000 Page Views perhari dengan menggunakan software jingling atau memasang script auto reload page dan lain-lain. Tetapi cara itu jelas dilarang, jadi jangan coba-coba pakai cara licik yah teman-teman.


KOMENTAR

Setelah kamu mencapai target Visitor seperti yang saya bahas diatas. Buatlah Target Pencapaian yang ketiga yaitu Mendapatkan Respon atau Komentar. Baik itu sebuah respon yang Positif maupun respon yang Negatif dari para visitor.

Komentar dari para pembaca yang menghiasi artikel kita itu, biasanya akan menjadi salah satu pemicu semangat kita untuk membuat artikel-artikel baru.

Adanya Komentar dalam artikel akan menjadi sebuah penilaian berharga bagi kita juga dan bagi Google. Tapi jangan pernah memaksa teman kamu untuk meninggalkan komentar yang relevan.

Karena apabila artikel yang kamu buat itu memang Artikel yang Pengunjung cari, maka para pembaca akan tergerak dengan senang hati untuk meninggalkan respon & komentar tanpa harus dipaksa.

Hal ini juga masih sering saya lakukan ketika mendapat referensi blog yang isi artikelnya berguna. Saya selalu dengan senang hati meninggalkan komentar di blog tersebut, dan berharap admin blog tersebut merespon komentar saya.


Jadi perbaikilah terlebih dulu struktur komentar yang ada disetiap artikel kamu. Setelah itu buatlah target pencapaian untuk mendapatkan 10 komentar di masing-masing artikel, jika sudah lebih dari 10, kejar lagi targetnya agar menjadi 50 komentar atau bahkan menjadi 100 komentar dalam setiap artikelnya.

3 POINT diatas adalah yang paling penting untuk dicapai oleh seorang penulis blog, tapi ternyata tidak hanya itu saja target seorang blogger.

Saya juga sempat membaca di salah satu artikel bahwa Ranking juga menjadi salah satu point penting untuk dijadikan target pencapaian.

RANKING

Hal ini yang paling sering dikejar oleh sebagian besar blogger untuk mendapatkan popularitas yang baik dimata pencarian google. Seperti apa Ranking yang selalu dikejar oleh teman-teman blogger?

Ranking yang saya maksud kali ini adalah DA (read: Domain Authority) dan PA (read: Page Authority). DA dan PA sebebarnya adalah ukuran kepercayaan dari salah satu situs kepada mesin pencari dan penggunanya. Dan hal ini akan menjadi faktor meningkatnya artikel yang dibuat untuk menduduki halaman pertama dalam mesin pencarian google.

Peningkatan DA dan PA ini bisa kita capai dengan beberapa cara yaitu :
  • Membangun Kepercayaan dari pembaca
  • Membangun Backlink dengan konsisten
  • Menurunkan Bounce Rate pada Analytics
  • Menjaga kualitas SEO on Page

Saya percaya bahwa meningkatkan DA dan PA memang dianggap sulit, tapi semua kesulitan akan terasa ringan apabila kita tidak merasa lelah dalam berusaha.

MIGRASI

Nah soal migrasi ini sebenarnya adalah harapan semua blogger. Banyak Blogger yang migrasi dari non-hosting menjadi self-hosting dikarenakan satu dan lain alasan.

Migrasi ini tidak selalu dilakukan pada pengguna blogspot, tapi banyak pengguna wordpress juga banyak yang bermigrasi ke self-hosting. Mungkin karena adanya keterbatasan dari penyedia gratisan, atau mungkin adanya keterbatasan pada security yang diberikan terhadap blog tersebut dan masih banyak sekali alasan-alasan mereka untuk melakukan migrasi.

Definisi Non-Hosting - space atau tempat khusus yang disiapkan oleh penyedia layanan seperti blogger yang dihosting oleh google dan wordpress.com yang dihosting oleh pengembang wordpress dengan memberikan space untuk menyimpan data-data Web / Blog kita.

Definisi Self-Hosting - Ruang atau Space yang disewakan untuk menyimpan file beserta data-data Web / Blog kita agar dapat diakses. Biasanya untuk mendapatkan Self-Hosting ini, kita harus merogoh kocek sekitar 100ribu sampai 6juta rupiah per tahun tergantung kebutuhan penulis.

Masing-masing penulis memang punya kesimpulan sendiri mengenai Migrasi ini. Namun bagi saya justru Migrasi ke Self-Host akan lebih terlihat perkembangannya daripada bertahan pada non-hosting yang serba dibatasi fasilitasnya.

Dan dengan bermigrasi, seorang penulis biasanya akan dituntut untuk membuat Konten yang lebih berbobot karena memiliki tanggung jawab yang cukup tinggi terhadap perkembangan blognya.

Apabila kamu ingin membeli hosting terbaik, bisa kunjungi halaman ini.

Nah jika semua itu sudah mudah kita capai, lalu apa lagi yang akan kita lakukan selanjutnya?


DAFTAR ADSENSE

Saat ini Saya menyadari bahwa menampilkan iklan Adsense didalam blog bukanlah menjadi target untuk dicapai para blogger.

Ini yang selalu saya katakan kepada sahabat-sahabat blogger lain yang pernah konsultasikan kualitas blognya kepada saya melalui facebook chat.

Menurut saya, banyak sekali blogger pemula yang terlalu mendewakan sebuah akun Adsense, sehingga para blogger sering khilaf dan lupa untuk menyajikan informasi kepada pembacanya karena sering frustasi akibat ditolak adsense.


Cobalah beranggapan bahwa Adsense adalah salah satu hadiah terindah dari google yang diberikan sesuai dengan usaha dan kerja keras kita ketika membangun dan mengembangkan sebuah blog.

Mungkin dengan anggapan seperti itu, menulis akan menjadi hal yang menyenangkan bukan?

Tidak perlu terlalu terburu-buru untuk mendapatkan akun Adsense, karena pada dasarnya karya & tulisan kamu yang dinilai para pembaca, bukan tampilan iklan yang terkesan hanya untuk menghiasi blog.

Jika memang tujuan utama kamu adalah mencari uang di internet, saya rasa Online Shop & Dropship adalah pilihan yang paling tepat dan pastinya lebih cepat mendapatkan uang dibandingkan menjadi seorang penulis blog yang terlalu banyak syarat.

Bukan begitu ?


Tidak ada yang melarang kamu untuk menjadi seorang penulis blog atau pelaku bisnis online. Hanya saja kamu harus menentukan pilihan yang sesuai dengan keinginan juga kebutuhan kamu.

Ohya, bagi penulis blog atau bagi pelaku bisnis online ternyata memiliki perbedaan dalam menentukan target pencapaian, jadi silahkan difikir terlebih dulu sebelum menentukan tujuan kamu membuat sebuah blog.

Apakah perlu modal untuk mencapai semua target ?


Semua yang kita lakukan pasti berdasarkan modal. Modal Berfikir, Modal Berpromosi, Modal bersosialisasi, dan yang paling ampuh adalah Modal Materi.

Saatnya kamu menentukan yang terbaik untuk perkembangan blog kamu.

Jangan lupa berikan pendapat kamu sebagai tambahan point-point diatas yang belum saya sebutkan pada kolom komentar dibawah ini yah teman-teman.

Previous
Next Post »

KASIH KOMENTAR DISINI

BLOGGER
DISQUS
Pilih System Komentar

6 comments

Sangat menarik untuk diterapkan.. semoga blog saya bisa mencapai target.. karena bisa dibilang blog saya masih newbie bangets..dan masih dikit uv dan pv nya... ditambah lagi saya baru mengenal dunia perbloggingan (beberapa tahun silam) ... 😊😊 sukses buat blog kangwira dan author nya

Balas

Amin mas.. semoga tercapai..
wah mas nya merendah nih, kalau beberapa tahun sih sepertinya sudah terhitung lama mas..

Amin.. Amin YRA..
terima kasih supportnya mas ^_^

Balas

Wah detail sekali penjelasannya. Bermanfaat sekali untuk blogger pemula seperti saya. Terget saya, bagaimana cara membuat konten yang berkualitas, bisa konsisten menulis dulu trus menambah pertemanan medsos. Bru itu

Balas

wah, target artikel ini biar kelihatannya sepele tapi susah ngejalaninnya... mood turun naik. Terima kasih sharingnya...

Balas

iya Bunda..
Saya juga masih pemula, makanya masih belajar nulis konten.

Sepertinya untuk Konsistensi menulis itu yang agak sulit menurut saya, bunda. hihi

Balas

Betul mbak Retno.. konsistensilah yang menurut saya cukup berat di jalani nya mbak.

Kalau mood yang naik turun, solusinya cukup dengan tidur siang sih kayaknya. hihi

Balas