Thursday, October 12, 2017

Rahasia Paling Asyik Mengatasi Rasa Malas Saat Menulis Artikel

Chat on Whatsapp

Menjadi seorang blogger yang aktif menulis itu memang sangat membutuhkan konsentrasi dan konsistensi yang baik dalam segala hal.

Sebagai contoh, kamu adalah orang awam yang tergiur untuk menjadi blogger yang sukses, biasanya hal pertama yang akan dilakukan adalah mencari template dan mulai mempelajari HTML & CSS untuk modifikasi template agar sesuai keinginan kita.

Namun ada juga beberapa blogger baru yang langsung membuat artikel dan mencoba bereksperimen dengan SEO (Search Engine Optimizer), agar tulisan yang dibuat olehnya bisa muncul di halaman pertama pencarian google sesuai dengan keyword yang banyak dicari oleh netizen.

Baca juga : Tips Menjadi Penulis Blogger Paling dicari

Rahasia Paling Asyik Mengatasi Rasa Malas Saat Menulis Artikel

Hingga disuatu hari saya kembali meluangkan waktu saya untuk melihat perkembangan teman-teman blogger yang sudah bergabung di salah satu Group Facebook Blogger Indonesia.

Saat itu saya menjumpai beberapa postingan yang berisi pertanyaan seperti ini :
  • Gimana sih solusinya supaya tidak mudah bosan saat membuat artikel baru ?
  • Apa sih yang harus dilakukan blogger untuk menghilangkan rasa malas ?
  • Kenapa sih suka susah cari ide dan malas untuk mencari referensi ?

Dan masih banyak pertanyaan sama lainnya namun tidak saya cantumkan pada quote diatas. Tapi sayangnya , tanggapan dari anggota lain dalam Group itu pun relatif lebih sedikit.


Saya lebih sering menemukan link artikel yang dishare oleh anggota lain untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas. Mungkin karena sudah banyak blogger yang membuat ulasan tentang Cara Mudah Mengatasi Rasa Malas ini.

Untuk menjawab pertanyaan diatas, ada 2 point penting yang sering kita temui dibeberapa blog yaitu :
  1. Buatlah artikel informatif yang sesuai dengan hobi kita
  2. Buatlah artikel edukatif yang sesuai dengan kemampuan kita

Saya sangat setuju dengan 2 point penting ini. Bahkan masih saya terapkan setiap kali membuat artikel baru. Tapi kenapa masih sering merasa bosan dan malas untuk menulis ?

Untuk bisa konsentrasi saat menulis artikel baru, selalu ada rasa bosan yang menghalangi ide-ide kita. Dan untuk bisa tetap konsisten dalam menulis artikel baru, selalu ada rasa malas yang menghalangi kreatifitas kita.

Hingga pada akhirnya banyak blogger yang Frustasi karena sulit mengatasi 2 hal itu.

Bagaimana Solusinya ?


Menurut pendapat saya, seorang penulis sebenarnya membutuhkan suasana yang Rilex saat menulis. Banyak teman-teman blogger yang mengabaikan hal ini karena satu dan lain alasan.

Saya sendiri pernah mengabaikan hal ini saat awal-awal membangun sebuah blog. Saya sering mengurung diri saat menulis, sering lupa makan saat modifikasi template, sering merasa asik sendiri mengurus blog dan masih banyak hal lainnya.
Ternyata bukan itu yang harus dilakukan seorang blogger saat membuat artikel. Blogger membutuhkan tempat yang rilex seperti Cafe atau Resto yang nyaman.

Menurut saya sediri, tempat yang paling nyaman untuk menulis adalah mengunjungi Coffee Shop.

Kenapa Coffee Shop ?


Di sebuah Coffee Shop, kita bisa menulis sambil menikmati Kopi dan sedikit cemilan. Selain itu, biasanya selalu ada fasilitas Free Wifi yang diberikan untuk pelanggannya, bahkan kita juga akan dimanjakan dengan musik-musik instrument yang tenang dan pastinya bisa menghilangkan bosan saat menulis.


Dengan Musik Instrument biasanya akan menambahkan inspirasi saat menulis, kita pun menjadi lebih relax saat menulis. Menyusun kalimat yang baik saat menulis pun membutuhkan suasana yang relax lhoo teman-teman.

Meskipun banyak yang berpendapat bahwa Menulis sambil mendengarkan musik instrument itu malah bikin ngantuk dan gak konsentrasi saat menyusun kalimat, Coba deh sesekali kamu bawa Tools yang biasa digunakan untuk menulis lalu kunjungi salah satu Coffee Shop.

Setelah itu ceritakan kepada saya melalui kolom komentar dibawah, mengenai pengalaman dan pendapat kamu saat membuat artikel di Coffee Shop pilihan kamu.

Ohya.. Ada 1 Instrument yang selalu saya dengarkan setiap membuat artikel. Mungkin Instrument ini yang saya rekomendasikan untuk teman-teman blogger. Klik Tombol dibawah ini untuk download Instrumentnya.

DOWNLOAD 340MB

Saya membuat artikel ini karena pernah melihat beberapa penulis yang tengah asyik menulis disebuah Coffee Shop. Entah dia seorang Penulis Blogger, ataupun Penulis Buku, saya sendiri tidak tahu.

Karena saat itu saya belum sadar bahwa music instrument yang saya dengarkan di Coffee Shop bisa membuat pengunjungnya sangat relax.

KESIMPULAN
Menghilangkan rasa Malas & Bosan saat menulis bisa dilakukan dengan berbagai cara. Asalkan jangan selalu mengurung diri karena terlalu fokus untuk mencari Ide untuk menulis.

Kunjungi Cafe, Resto atau Coffe Shop agar lebih relax, nyaman dan menumbuhkan inspirasi saat menulis.

Sekian dulu artikel kali ini, semoga tips ini bermanfaat untuk teman-teman yah.

Previous
Next Post »

KASIH KOMENTAR DISINI

BLOGGER
DISQUS
Pilih System Komentar

8 comments

memebuat tulisan sesuai minat dan sambil ngongkrong di coffee shop asiiik asik jos

Balas

Tapi kl keseringan ke coffeeshop bisa bangkrut gan hihi

Balas

Betul mas.. Supaya nambah inspirasi aja mas..

Balas

Hihi.. Ke coffee shop nya dijadwal aja mbak.. Seminggu sekali misalnya, untuk sekedar hilangkan jenuh saat bikin artikel

Balas

Suasana yang nyaman memang sangat mendukung untuk menulis artikel. Setidaknya, hanya dengan mendengarkan musik di rumah sdh cukup bagi saya.

Btw, desain blognya bagus. Gambar dalam artikel juga sepertinya desain sendiri. Anda kreatif :)

Balas

kadang-kadang suka gondok kalo mau nulis artikel pas nyari referensi internetnya lemot bin kisut. belom lagi komputernya udah old, pokoknya mendukung lah untuk gak nulis huhuhu. Nulis terpaksa akibatnya juga gak bagus. Mau gak mau harus pinjem hape bini buat browsing referensi plus nambahin semangata nulis.

eh ya saya pemula ya jangan dibully loh, masih ngeraba-raba ini mau diapain blog saya ke depannya. Blog agan bagus tuh. Bole mampir ke blog saya juga heheheheheheehehhe.

Balas

Betul mbak.. Meskipun suasana di rumah terkadang membosankan,bisa diatasi dengan musik2 instrumen supaya lebih rilex..

Terimakasih pujiannya mbak.. Kebetulan sambil belajar desain.. ^_^

Balas

Itu juga yang saya alami mas.. Masih pinjem HP kaka ipar untuk cari referensi.. Soalnya komputer saya jg lemot mas, buka 3 tab browsing langsung hang.. Hehe

Sama mas.. Saya juga masih pemula.. Makanha masih betah promosi sana sini.. ^_^

Balas