Wednesday, August 23, 2017

Manfaatkan Google Spreadsheet untuk Membuat Form Aplikasi Online

Chat on Whatsapp

Melanjutkan pembahasan pada artikel Cara Membuat Flat Pricing Table Dengan Fungsi Popup. Karena pada Widget tersebut, saya memanfaatkan Google Spreadsheet sebagai Form Aplikasi Online dengan fungsi Popup.

Sebenarnya banyak sekali Platform yang menawarkan layanan untuk membuatan Form Aplikasi Online yang bisa kamu cari di Google Search. Tapi kali ini saya akan Manfaatkan Google Spreadsheet untuk membuat Form Aplikasi Online secara gratis. Yuk simak artikelnya lebih lanjut


Seperti apa sih tampilan Form Aplikasi Online yang saya maksud kali ini ? Kamu bisa klik Tombol Demo dibawah ini untuk melihat contoh Form yang sudah saya manfaatkan pada Widget Flat Pricing Table.

D E M O

Langkah Pertama pastikan kamu sudah mengunjungi situs Google Spreadsheet. Kemudian cari tombol Go To Google Sheets (tombol warna biru).


Maka akan terbuka Tab baru dengan Welcome Popup Selamat Datang dari Google Spreadsheet. Saran saya, ikuti dulu Tur nya jika teman-teman ingin tahu lebih jelas mengenai Google Spreadsheet.

Untuk melanjutkan pembahasan kali ini, saya anggap teman-teman sudah Skip Tur atau Mengikuti Tur-nya. Nah langkah selanjutnya klik Tombol + yang berbentuk lingkaran yang berada di pojok kanan bawah browser. Sehingga akan tampil halaman yang sama seperti pada gambar dibawah ini.


Ada beberapa spot yang bisa kamu isi diatas, jadi saya hanya menjelaskan apa fungsinya saja, selebihnya silahkan kamu kreasikan sesuai kebutuhan yah.

Lihat gambar diatas, secara Default kamu akan berada pada Panel PERTANYAAN. Nah itu adalah Panel yang akan kamu buat menjadi sebuah Formulir. Sedangkan Panel TANGGAPAN itu adalah Jawaban dari User yang Mengisi Formulir yang sudah kamu buat.

Selanjutnya kamu bisa ikuti langkah-langkah yang saya urutkan hanya sebagai contoh saja.

Default Contoh Isi
Formulir tanpa judul Pendaftaran Online
Deskripsi Contoh Form Pendaftaran Online
Pertanyaan Tanpa Judul Nama Jawaban Singkat

Saat kamu membuat Form tersebut, kamu akan melihat 5 tombol melayang disamping halaman. Saya rasa fungsi-fungsinya tidak perlu saya jelaskan lagi di dalam artikel ini yah, karena sudah ada tooltip yang menjelaskan deskripsi singkat dari masing-masing tombol tersebut.

Baca juga : Pasang Widget Skill Bar di Blog


Selanjutnya untuk menambahkan beberapa pertanyaan lagi, silahkan kamu klik tombol + lagi, dan isikan seperti contoh dibawah ini.

Default Contoh Isi
Pertanyaan Email Jawaban Singkat
Aktifkan Tombol Wajib diisi yang berada di bagian bawah
Pertanyaan Coba-Coba Pilihan Ganda
Tugas Akhir
Latihan
Tidak Tahu
Pertanyaan Tanpa Judul Berikan Sasran Paragraf

Nah sebenarnya, sampai sini sudah cukup tutorialnya. Selanjutnya buka Panel TANGGAPAN, klik menu yang berada di dalam Panel tanggapan tersebut. lalu Pilih Dapatkan notifikasi email untuk tanggapan baru, ini artinya akan ada notifikasi yang masuk kedalam email kamu setiap ada user yang selesai mengisi dan mengirim form yang kamu buat.

Langkah selanjutnya, Kamu bisa pilih Warna Background dengan cara menekan tombol Palet Warna seperti contoh screenshot di bawah ini.


Jika kamu sudah selesai membuat form yang kamu buat, jangan lupa pratinjau dulu dengan cara menekan icon mata yang berada di samping palet warna. Setelah kamu pratinjau, seharusnya tampilan Form online yang kamu buat akan sama seperti screenshoot dibawah ini (klik untuk memperbesar gambar).


Jika sudah sesuai dengan yang kamu harapkan, selanjutnya klik icon gear lalu pada panel UMUM, centang pada kolom Kumpulkan alamat email. Lalu pada panel PRESENTASI, isi pesan konfirmasi sesuai kebutuhan. lalu klik simpan.

Selanjutnya Klik Tombol Kirim, setelah muncul popup, lihat pada pilihan Kirim melalui. Disana kamu bisa memilih diantara 3 opsi. Untuk menampilkan di halaman blog kamu, silahkan pilih opsi ketiga, lalu salin kode iframe nya dan letakkan di halaman blog kamu.


Atau jika kamu ingin membuka form di Tab baru dengan menggunakan sebuah tombol (contohnya seperti tombol DEMO yang berada di atas), kamu bisa pilih pada opsi kedua lalu salin kode tautannya dan letakkan pada kode dibawah ini.

<center>
<a class="btn btn-block" href="LETAKKAN KODE TAUTAN DISINI" rel="nofollow" target="_blank">FORMULIR</a>
</center>

Saya rasa cukup sekian dulu tutorial Memanfaatkan Google Spreadsheet untuk Membuat Form Aplikasi Online karena sudah cukup panjang pembahasannya kali ini. Jika masih kurang jelas, silahkan kamu tanyakan pada kolom komentar di bawah ini yah.


Previous
Next Post »

KASIH KOMENTAR DISINI

BLOGGER
DISQUS
Pilih System Komentar

No comments