Monday, July 31, 2017

Trik Mudah Menampilkan Widget diatas Artikel

Chat on Whatsapp

Untuk memperindah Halaman Homepage pada sebuah blog, biasanya seorang blogger mencari cara terbaik untuk melakukan modifikasi pada templatenya.

Misalnya Memasang Widget Social Profile di Sidebar Blog, atau Memasang Widget Recent Post by Label di Homepage Blog. Sebenarnya masih banyak Widget blog yang bisa kamu manfaatkan untuk mempercantik tampilan Front-End blog kamu.


Untuk melihat widget-widget terbaik yang saya rekomendasikan untuk memodifikasi template blog yang kamu pakai saat ini, kamu bisa buka Menu Widget pada Navigasi Blog ini.

Pada artikel kali ini, saya hanya akan sedikit membahas tentang cara paling mudah untuk menampilkan Widget diatas artikel. Yaa.. tepatnya diatas artikel yah.. bukan pada sidebar, footer ataupun header.

PERHATIKAN
Pada gambar diatas yang kamu lihat adalah tampilan layout tata letak yang masih terkunci. Kamu bisa lihat pada kolom bagian Main tidak menampilkan link Tambahkan Gadget seperti pada kolom bagian Sidebar.
Untuk menampilkan Link Tambahkan Gadget seperti pada kolom Sidebar, pastikan kamu sudah login ke dalam Dashboard Blog terlebih dulu ya. Lalu buka menu Tema dan pilih tombol Edit HTML.


Setelah itu, kamu Cari kode dibawah ini dengan menekan CTRL + F pada kolom HTML yang muncul.
<b:section class='main' id='main' showaddelement='no'>

Setelah kamu temukan kode seperti diatas, kamu ganti text No yang sudah saya tandai pada kode HTML diatas menjadi YES.

Simpan Halaman Edit HTML tersebut, lalu buka halaman Tata Letak.
Seharusnya Tampilan layout Tata Letak pada dashboard blog kamu sudah menampilkan link Tambahkan Gadget seperti pada gambar dibawah ini.


Setelah Link tersebut muncul, kamu bisa menambahkan widget apapun yang kamu butuhkan untuk mempercantik tampilan blog kamu.

Kekurangannya adalah setiap kamu menambahkan widget baru diatas Artikel, maka widget tersebut akan tampil pada halaman Homepage dan seluruh artikel. Bahkan ada yang tampil juga pada halaman statis, tergantung versi template nya masing-masing.

Untuk Menseleksi Widget tersebut agar tidak tampil disemua halaman, kamu bisa tambahkan Kode Tag Kondisional sebelum kode diatas. kamu bisa baca artikel KangWira tentang TAG Kondisional.

Baca juga : Fungsi Tag Kondisional

Nah sekian dulu Trik Mudah Menampilkan Widget diatas Artikel yang menurut saya memang sangat mudah, bagaimana menurut teman-teman ?

Share pengalaman kamu setelah memodifikasi template blog yang kamu gunakan saat ini dengan mengisi kolom komentar dibawah artikel ini. Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »

KASIH KOMENTAR DISINI

BLOGGER
DISQUS
Pilih System Komentar

1 comment

Howdy! I know this is kinda off topic however I'd figured I'd ask.
Would you be interested in exchanging links or maybe guest writing a blog post or vice-versa?
My website discusses a lot of the same topics as yours and I feel we could greatly benefit from each other.
If you happen to be interested feel free to shoot me an e-mail.
I look forward to hearing from you! Awesome blog by the way!

Balas