Wednesday, March 8, 2017

Menentukan Nama Domain yang Sesuai

Chat on Whatsapp

ini sudah banyak sekali Blogger yang Lahir dengan menggunakan platform atau penyedia gratis seperti blogger dan wordpress. Namun yang terlihat serius dalam mengurus sebuah blog, bisa kita lohat dari jenis Domainnya loh. Pengaruh nama domain yang kita sewa ternyata sangat besar terhadap blog yang kita kelola, sehingga dalam Menentukan Nama Domain yang Sesuai dengan Niche atau Topik Blog yang dikelola memang sedikit membingungkan ternyata.

Menentukan Nama Domain yang Sesuai

Kang Wira sendiri memilih nama domain kangwira.com karena saat itu memang saya kebingungan dalam Menentukan Nama Domain yang Sesuai. Hal ini bisa kita jadikan sebagai salah satu contoh Kesalahan Dalam Menentukan Nama Domain yang Sesuai, sehingga saya merasa buntu ketika berfikir ingin merubah title blog yang saya gunakan ini. Untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan dikemudian hari, teman-teman bisa perhatikan 5 Point dibawah ini sebelum mengambil keputusan untuk sewa nama domain.

5 Hal Penting Sebelum Ganti Domain

Beberapa point dibawah ini Kang Wira dapatkan dari beberapa sumber dan pendapat saya sendiri. Jika kamu punya pendapat sendiri mengenai Cara Menentukan Nama Domain yang Sesuai, silahkan tambahkan pendapatmu dalam kolom komentar dibawah. Baik, perhatikan point-point dibawah ini.




  • Sebuah nama domain harus menonjol sebagai suatu merek bisnis yang sebenarnya, bukan hanya daftar kata kunci generik. Nama domain harus relevan dengan jendela dan pintu bisnis kamu sehingga pengunjung dapat dengan mudah memahami bisnis yang dijalankan. Buatlah nama domain yang unik dan mudah diingat.
  • Hal penting lainnya dalam memilih nama domain adalah harus mudah untuk diucapkan. Sesuatu yang sulit untuk diucapkan maupun dieja akan membingungkan pengunjung kamu. Mereka bisa jadi berpaling ke website pesaing karena tidak dapat menemukan website kamu melalui nama domain yang sulit. Hindari membuat nama domain yang membingungkan seperti apakah simbolnya menggunakan huruf O atau nol.
  • Membuat nama domain yang pendek. Nama yang pendek selalu lebih baik, tetapi jangan membuat nama domain yang tidak ada kejelasan karena terlalu singkat. Hindari menggunakan nama domain dengan singkatan yang aneh dan membingungkan. Buatlah pilihan nama domain yang singkat namun tetap relevan dan jelas sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan.
  • Memilih ekstensi yang tepat. Ekstensi atau biasa disebut TLD (Top Level Domain) adalah kata disebelah kanan titik pada nama domain atau terletak di akhir. Meskipun ada banyak ekstensi yang tersedia untuk pemilik bisnis seperti .com, .net, .org, dan sebagainya, namun ekstensi .com tetap menjadi opsi default untuk sebagian besar konsumen. Jika ragu, lakukan dengan pilihan termudah dan tetap menggunakan ekstensi .com.
  • Jika kamu telah menemukan nama domain yang sempurna tapi terdengar mirip dengan nama merek lain yang sudah berkembang, maka sebaiknya untuk menghindari dan memilih nama domain yang berbeda. Fokus untuk membangun bisnis yang unik dengan merek kamu sendiri dan menghindari masalah hukum karena kesalahan memilih nama domain.

8 Hal Penting Untuk Menentukan Nama Domain yang Sesuai


Gunakan Pengubah

Jika kamu sudah memilih nama domain yang cukup menjelaskan bisnis kamu, maka pertimbangkan juga untuk menambahkan pengubah. Pengubah disini berarti menambahkan kata-kata yang menggambarkan apa yang kamu lakukan, atau kelebihan dari bisnis kamu . Dengan begitu, pengunjung dapat lebih memahami bisnis yang kamu lakukan dengan mudah


Masukkan Lokasi Bisnis kamu

Saat ini banyak perusahaan yang beroperasi secara lokal dan melayani daerah-daerah geografis tertentu. Masukkan informasi lokasi ini dalam nama domain kamu. Hal ini dapat membantu website kamu lebih relevan untuk pencarian secara lokal dan juga dapat menunjukkan komunitas kebanggaan kamu. Salah satu contohnya seperti perusahaan Austin, Tx – perusahaan matras yang mendaftarkan beberapa nama domain .com berdasarkan lokasinya dan mereka menyadari adanya peningkatan bisnis dari pencarian organiknya.

Tambahkan Kata Kunci

Baru-baru ini penelitian dari Verisign dan comScore mengungkapkan bahwa memiliki nama domain dengan kata kunci yang tepat dapat membantu mendapatkan banyak klik pada sebuah website. Itu karena para pengguna melakukan pencarian di internet dan mereka hampir dua kali lebih mungkin untuk mengklik nama domain yang memiliki kata kunci yang tepat dan sesuai yang mereka inginkan.

Menggunakan Nama Yang Unik Untuk Menggambarkan Bisnis Atau Brand kamu

Banyak perusahaan yang sukses dengan nama-nama domain yang unik. Misalnya dengan menambahkan atau menghapus huruf dari kata-kata umum seperti Tumblr, menggabungkan dua kata-kata umum atau penggabungan dua kata menjadi satu seperti Facebook dan Instagram, menggunakan kata umum dalam konteks baru seperti Yahoo, dan sebagainya. Pikirkan sesuatu yang kreatif dan dapat membuka banyak pilihan untuk nama domain .com yang tersedia.

Cari Tahu Apa Yang Dituliskan Pengunjung Ke Dalam Browser Untuk Menemukan Bisnis kamu

Buatlah nama domain dengan frase yang lebih mudah diingat sehingga orang-orang mungkin akan mencari bisnis kamu dengan frase tersebut. Hal tersebut juga akan membantu mereka untuk kembali mengunjungi website kamu dengan mudah. kamu bisa mencari tahu kata-kata apa yang biasanya dituliskan ke dalam browser oleh pengunjung dengan menggunakan alat analisis yang tersedia.



Menggunakan Akronim

Perusahaan seperti AOL, IBM, dan BMW semua menggunakan akronim dalam merek dan nama domain mereka. kamu juga dapat menyingkat negara maupun profesi dalam nama domain kamu, misalnya NYC, USA, dan BPA.

Menggunakan Media Sosial

Banyak bisnis yang memulai perjalanan digitalnya di media sosial. kamu juga bisa mencantumkan nama domain ke halaman media sosial yang sesuai. Dengan begitu, pengunjung yang telah mengikuti kamu di media sosial dapat menemukan website kamu dengan mudah.

Menggunakan Suggestion Tool Untuk Nama Domain

kamu bisa menggunakan alat yang mampu memberi saran terbaik untuk memilih nama domain. Biasanya yang perlu kamu lakukan hanya mengetikkan kata kunci yang menarik dan daftar pilihan yang relevan. Secara otomatis mereka akan memberi saran mana yang terbaik bagi bisnis kamu


Sepertinya tidak begitu sulit untuk Menentukan Nama Domain yang Sesuai dengan Blog yang saat ini kamu kelola. Selanjutnya kamu bisa baca artikel yang pernah saya bahas tentang cara memasang Domain LTD kedalam Blogspot. Jika ada pertanyaan atau koreksi dalam penulisan saya kali ini, jangan sungkan untuk menuliskannya pada kolom komentar ya.

Previous
Next Post »

KASIH KOMENTAR DISINI

BLOGGER
DISQUS
Pilih System Komentar

No comments