Wednesday, September 14, 2016

Tips Mengganti Template Blog bagi Pemula

Chat on Whatsapp

Bagaimana kabarnya teman-teman? Pada artikel kali ini saya akan meembahas tentang Tips Mengganti Template Blog Bagi Pemula. Jujur, saya sendiri lupa mempublish artikel ini karena terlalu fokus untuk mengumpulkan banyak artikel tentang tips dan trik untuk modifikasi template blog. Cara Menganti Template itu sebenarnya sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh para blogger, tapi masih banyak yang mengalami kesalahan saat mengganti sebuah template.


Apa saja yang perlu kamu siapkan untuk mengganti template bawaan yang masih kamu pakai saat ini ?

Mungkin sahabat-sahabat Kang Wira disini sudah banyak yang lebih memahami dasar-dasar mengganti template blog. Namun bagi sahabat Kang Wira yang masih belajar membuat blog proffesional, mungkin hal ini masih menjadi trending pertanyaan di google. Karena pada dasarnya mengganti template hanya tinggal upload file saja.

Nah disini yang perlu kita persiapkan pertama kali yaitu Kopi atau Susu Panas, ini gunanya supaya kita lebih relax dalam mempersiapkan semuanya.
Serius.. Ini berpengaruh terhadap konsentrasi kita lho..

Persiapan selanjutnya yang harus kamu siapkan tentunya sebuah template yang sesuai dengan kebutuhan dan pastinya harus sesuai topik yang kamu bahas agar pengunjung blog selalu mengingat dan pastinya tidak merasa kesulitan saat membaca artikel bermanfaat yang sudah kamu buat.

Baca juga : Template Pilihan Dari Kang Wira


Dalam mencari template yang cocok, memang sangat memakan waktu karena template blog yang sesuai dan cocok dengan niche blog jelas sangat sulit dicari. Seperti contoh kasus yang saya alami saat mencari template yang cocok untuk blog Kang Wira ini.

Saat itu saya mendapatkan beberapa template yang terlihat pada tampilan homepagenya memang sangat menarik, tapi ternyata saat saya membuka salah satu sample artikelnya ternyata tampilannya artikelnya tidak cocok dengan yang saya harapkan.

Pada kasus selanjutnya, saya mendapatkan template yang tampilan homepage-nya sangat sederhana, tampilan pada halaman artikelnya pun menurut saya sudah cukup baik, tapi ternyata halaman statisnya tidak terlihat perbedaan dengan tampilan pada halaman artikel.

Kenapa bisa seperti itu ? Karena biasanya para pembuat template selalu membatasi feature yang diberikan pada masing-masing template buatannya.

Kamu bisa melihat beberapa contoh template blog yang menarik menurut Kang Wira pada menu Template yang berada diatas.

Bagaimana Cara Mengganti Template ?



Setelah kamu mendapatkan template yang cocok dengan keinginan kamu dan cocok juga dengan topik yang akan kamu bahas dalam blog, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membackup template yang sedang kamu pakai saat ini.

Gunanya jika terjadi suatu kesalahan saat mengganti template, maka tinggal kita restore saja template yang sudah kamu backup tadi.

Untuk cara membackup sebuah template, kamu bisa lihat pada contoh gambar yang sudah saya lampirkan dibawah ini.

Selanjutnya, silahkan kamu extrack template blog yang sudah kamu download yang ber-extensi file *.xml (jika berupa RAR/ZIP).

Baca juga : Manfaat Template Responsive

Namun jika template yang sudah kamu download tadi sudah berupa file *.xml, maka sudah bisa langsung kamu upload dengan cara tekan tombol Pilih seperti contoh gambar dibawah ini, lalu pilih file template yang berakhiran *.xml tadi lalu tekan tombol Upload.

Sampai sini saya rasa sudah cukup, karena kamu sudah berhasil menggati template blog kesayangan kamu.

Nah bagi Sahabat-sahabat Kang Wira yang masih pemula dan masih merasa kesulitan untuk mengganti template, jangan segan untuk menuliskan berbagai pertanyaan dan kendala pada kolom komentar dibagian bawah artikel ini.

Dan jangan lupa Untuk berlangganan Gratis dengan mengisi email pada Kolom Berlangganan dibawah ini. Semoga Artikel ini bisa membantu teman-teman dan para pengunjung blog Kang Wira ini.

Previous
Next Post »

KASIH KOMENTAR DISINI

BLOGGER
DISQUS
Pilih System Komentar

No comments