Friday, July 8, 2016

Mengenal Affiliasi Marketing

Chat on Whatsapp

Kali ini Kang Wira akan membahas Mengenai Affiliasi Marketing yang biasa dikenal sebagai cara menghasilkan uang yang prospektif. Kenapa Affiliasi Marketing merupakan cara menghasilkan uang yang prospektif? Bukan tanpa alasan saya menyebutkan hal ini. Sudah banyak bukti di dunia internet yang menguatkan alasan saya mengenai Affiliasi Marketing ini. OK… saya akan mengajak kamu untuk mengenal lebih jauh tentang Affiliasi Marketing.

Mengenal Affiliasi Marketing


Arti dari affiliate itu sendiri adalah menggabungkan, jadi program affiliasi adalah salah satu bentuk pemasaran yang merekrut marketer (pemasar) untuk memasarkan suatu produk/ jasa dengan cara bergabung terlebih dahulu kepada pemilik web/ situs (Affiliate Merchant). Pemilik web/ situs biasanya disebut Affiliate Merchant, para pemasar disebut Affiliate Marketer, serta calon pembeli biasanya disebut Prospect. Atau bahasa sederhananya yaitu Bisnis Affiliasi Marketing adalah peluang penghasilan di internet tanpa harus memiliki produk/ jasa sendiri.
Nah mungkin untuk didunia nyata, lebih dikenal sebagai reseller yang menjual produk / jasa orang lain.

Untuk setiap affiliasi (mediator) yang bergabung, pemilik situs (merchant) akan memberikan satu atau beberapa link banner yang menerangkan produk yang dijual. Untuk menjadi affiliasi/ reseller biasanya ada bermacam-macam cara, ada yang menggratiskan langsung menjadi affiliasi dengan hanya mendaftar anggota saja atau dengan cara membeli produk tersebut secara otomatis kamu menjadi affiliasi.

Baca juga : Bisnis Online Digital Marketing Advertising (DMA)



Contoh dari link affiliate yang akan kamu ikuti yaitu http://www.namaperusahaan.com/userid-kamu. Nah.. Selanjutnya kamu akan mempromosikan link tersebut dengan akhiran user id kamu, hati – hati jangan sampai kamu lupa dengan tidak menyertakan user id sendiri, karena nanti kamu tidak akan mendapatkan komisi.

Kenapa harus menyertakan User ID ?


Karena User ID pada web merchant akan otomatis mendeteksi bahwa kamu yang mempromosikan bisnis Affiliasi Marketing yang sedang kamu jalani. Jika terjadi penjualan maka kamulah akan mendapatkan komisi. Cukup mudah bukan? Menurut saya mudah sekali karena tanpa perlu repot membuat produk, tanpa perlu repot mengirimkan produk, tapi kamu akan tetap mendapatkan komisi dari setiap penjualan.

Baca juga: Jangan Lihat Produknya, Tapi Lihat Cara Menjualnya

Biasanya pemilik merchant akan menerapkan bermacam-macam persentase komisi terhadap mediator, mulai dari 5% sampai 90%, tergantung kamu untuk memilih mana yang paling cocok untuk dipromosikan dan dijual.

Cara daftar program affiliasi bukan hal yang sulit, sama halnya seperti kamu membuat sebuah email, tapi juga bukan hal yang mudah untuk mempromosikan dan menjual untuk meraih penghasilan. Karena kamu harus menguasai teknik – teknik promosi supaya mendapatkan penghasilan dari program affiliate tersebut.
Jika kamu mau menjual produk affiliate menggunakan blog di usahakan kamu memulai dengan mencari program affiliasi yang sesuai dengan topic blog kamu, meskipun tidak ada keharusan yang mutlak, tapi tetap saja apabila calon pembeli yang mengunjungi situs/ blog kamu akan merasa kebingungan karena topic tidak sesuai dengan produk yang di tawarkan. Misalnya blog kamu berisi tentang gadget dan elektronik, maka carilah affiliate program yang menjual barang-barang tersebut, atau satu contoh lagi jika blog kamu mengupas tentang bisnis internet, maka carilah produk yang satu jenis.


Apakah kamu sudah mulai mengerti tentang Program Affiliasi Marketing ?

Semoga dengan adanya artikel ini, kamu bisa lebih Mengenal Affiliasi Marketing. Pada artikel selanjutnya, saya akan berikan beberapa contoh Program Affiliasi Marketing yang dapat dipercaya agar kamu tidak sia-sia saat menguras keringat untuk mempromosikan Program Affiliasi tersebut.

Previous
Next Post »

KASIH KOMENTAR DISINI

BLOGGER
DISQUS
Pilih System Komentar

No comments