Tuesday, May 3, 2016

Tips Menghindari Penipuan Berkedok Lowongan Kerja

Chat on Whatsapp

Beberapa kali saya menerima pertanyaan dari teman dan sahabat Kang Wira tentang Tips Menghindari Penipuan Berkedok Lowongan Kerja. Dan kali ini saya membagikan sedikit tips yang sudah saya rangkum agar lebih mudah kamu pahami.

Tips Menghindari Penipuan Berkedok Lowongan Kerja




Berikut ini Tips yang sudah saya rangkum.
  • Abaikan iklan lowongan kerja yang menjanjikan kamu pekerjaan di institusi pemerintah atau BUMN karena ini merupakan taktik penipuan supaya kamu menyetor uang sebagai biaya tes atau pelatihan.
  • Perhatikan secaran seksama deskripsi iklan yang dicantumkan. Jika Kamu merasa janggal, abaikan saja lowongan kerja tersebut.
  • Jika kamu mendapat sms atau email panggilan kerja dari suatu perusahaan, selidiki terlebih dahulu perusahaan tersebut bisa melalui internet, tanya teman atau kerabat atau kamu bisa langsung ke lokasi perusahaan untuk mengobrol dengan karyawan setempat.
  • Ketika kamu terpaksa harus melakukan wawancara, amati suasana perusahaan. Bila situasi mencurigakan, Kamu berhak menolak dengan tegas agenda wawancara tersebut. Jangan berikan identitas apapun sebelum Kamu keluar dari lingkungan kantor.
  • Waspadai iklan lowongan kerja yang mencantumkan bahasa iklan berlebihan pada deskripsi iklannya, seperti "buruan melamar", "ingat, posisi terbatas", "ditempatkan sesuai domisli" atau "tidak perlu pengalaman"
  • Jika kamu akhirnya datang ke suatu perusahaan untuk wawancara namun di bagian front office dimintai uang pendaftaran atau uang formulir dll, segera urungkan niat kamu wawancara dan tinggalkan perusahaan tersebut.
  • Hindari juga perusahaan yang membutuhkan karyawan namun meminta ijasah asli kamu sebagai jaminan.
  • Jika suatu saat kamu diterima kerja dan harus menandatangani kontrak kerja. Mohon, pelajari isi kontrak tersebut supaya ke depannya tidak terjadi kesalahpahaman yang bisa merugikan kamu.
Itu tadi tips menghindari penipuan kerja yang kerap kali terjadi menimpa para pencari kerja. Ingat dan berpikirlah dua kali sebelum menerima pekerjaan yang terlihat mudah dengan gaji yang besar seperti bisnis rumahan, MLM, posisi data entry ataupun administrasi untuk menghindari penipuan kerja.

Sehubungan dengan semakin maraknya aksi penipuan lowongan kerja palsu, baik yang dimuat di media lain maupun disitus lowongan kerja, Saya merasa perlu memberikan sedikit tips untuk menghindari penipuan berkedok lowongan kerja.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai lowongan yang tidak benar ataupun bahkan merugikan pada saat interview adalah sebagai berikut:


  1. Posisi lowongan kerja yang ditawarkan pada saat interview tidak sesuai dengan yang dicantumkan pada iklan lowongan. Misal melamar staff administrasi tetapi pada saat interview ditawari posisi sebagai staff marketing.
  2. Proses interview berjalan lebih mirip sebagai presentasi, dimana pihak yang katanya hrd akan memaparkan profil perusahaan, keunggulan-keunggulan serta penghargaan yang didapat tanpa ada tanya jawab mengenai kompetensi pencari kerja. Biasanya tidak ada tes tertulis, psikotes atau tes lainnya. Para pelamar akan langsung diterima dan penempatan kerja.
  3. Biasanya pada saat interview, pihak/perorangan yang menjadi kontak seperti tercantum dalam iklan biasanya tidak bisa menemui / berhalangan sehingga akan digantikan oleh staffnya / bawahannya. Ini salah satu modus penipuan, karena kebanyakan nama tercantum adalah fiktif belaka.

  4. Perusahaan mengenakan biaya formulir, training ataupun biaya tes pada saat interview. Jangan pernah melayani segala permintaan uang dari si pemberi kerja apapun alasannya, misalnya untuk biaya training, penempatan lokasi, jaminan dan seterusnya, karena itu adalah indikasi nyata penipuan. Berapapun biayanya, baik hanya sekitar puluhan ribu apalagi jika sampai jutaan rupiah. Perlu diperhatikan terutama bagi pencari kerja yang fresh, bahwa segala biaya pencarian kerja baik dilakukan oleh internal maupun agency (recruitment agency) adalah tanggungan dari pemberi kerja (employer).
  5. Perusahaan meminta calon tenaga kerja untuk menjual barang tertentu sebelum dapat diterima bekerja.
  6. Perusahaan meminta data berharga seperti nomor kartu kredit dan nomor rekening. Ini termasuk penipuan juga, yang biasanya melibatkan orang yang mengerti tentang teknologi kartu kredit dan transfer di bank.
  7. Perusahaan adalah ternyata agen tenaga kerja yang membantu mencarikan penempatan kerja dengan sejumlah biaya.


Ciri-ciri mudah mengenali Iklan Lowongan Kerja Palsu:
  1. Nama perusahaan yang berubah-ubah, dengan kontak / lokasi perusahaan yang sama.
  2. Jenis pekerjaan ringan seperti Administrasi dan sejenisnya
  3. Rentang pendidikan yang dibutuhkan jauh, misal : Minimal pendidikan SMA – S1
  4. Rentang umur yang dibutuhkan juga jauh : Umur minimal 18 – 40 tahun, Kedua syarat diatas jelas agar lebih banyak kandidat yang masuk.
  5. Disertai informasi gaji, tunjangan, komisi, agar menarik perhatian calon pelamar
  6. Menggunakan email gratisan, ini Ciri Utama. Perusahaan Bonafid pasti memiliki alamat domain sendiri dan menggunakannya untuk email juga. Berhati-hati dengan email gratisan yang dipakai perusahaan seperti Yahoo dan Gmail.
  7. Tidak disertai alamat jelas dan telepon kantor. Terkecuali menggunakan email perusahaan, Alamat jelas sangat penting.
  8. Pengiriman biodata / lamaran via sms.
  9. Iming-iming langsung diterima kerja tanpa tes.
  10. Biasanya mencantumkan kata-kata seperti “non sales, bukan yayasan / outsourcing”.
Contoh iklan penipuan berkedok lowongan kerja :

PT. MITRA UTAMA GLOBAL butuh 100 karyawan/i untuk kantor, industri dan perusahaan skala besar nasional, BUMN, dan instansi. Visi kami menjadi rekanan terbaik dan terpercaya bagi perusahaan pengguna jasa dalam pengadaan Sumber Daya Manusia, guna mencapai optimalisasi dalam peningkatan produktivitas dan efisiensi kerja.
Kualifikasi Perusahaan :
  • Pria / Wanita
  • Usia 17 – 29 tahun
  • Pendidikan min sma/k sederajad/D3/S1
  • Mempunyai kondisi kesehatan yang baik
  • Dapat mengoperasikan Microsoft Office ( Word, Excel dan Power Point ) level medium
  • Fresh Graduated atau yang berpengalaman dibidangnya
  • Berpenampilan menarik
  • Memiliki integritas tinggi, teliti, ulet dan dapat bekerja sesuai deadline
  • Mampu bekerja dibawah tekanan dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Di utamakan domisili wilayah JABODETABEK

FASILITAS :
  • Inc : Rp.2,5 – 3,5 Jt/ Bln
  • Uang makan & transport harian
  • Bonus bulanan
  • Jenjang Karir bagi yang berprestasi
  • Status Tetap/Non Kontrak
  • Penempatan di kantor terdekat dengan domosili di wilayah Jakarta dan Bekasi

Cara Mengajukan Lamaran :
Apabila kamu memiliki kualifikasi perusahaan yang kami butuhkan, kamu dapat mengirimkan Surat Lamaran dan CV, photo terbaru kamu, serta berkas pendukung lainnya VIA E-Mail atau pos ke :
Recruitment Departement – PT. INTI TAMA KARSA
Jl.Sultan Hasanudin Dalam No.18 Ruk’an Blok M Mall
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan – 12160
Informasi lbh lanjut silahkan hubungi:
Phone : 085775118669 Ibu Velly.SE (HRD)
EMail : velly_hrdrecruitment@yahoo.co.id
Website : www.mitrautamaglobal.com

Tips Menghindari Penipuan Berkedok Lowongan Kerja


Apabila Kamu mengajukan lamaran ke alamat diatas, kemungkinan besar kamu akan langsung mendapatkan sms undangan interview (beberapa contoh) yang kurang lebih isinya seperti berikut:



Dari : IBU SISCA,SE – SENIOR HRD.
Panggilan INTERVIEW KERJA u/ Anda di PT. MITRA UTAMA GLOBAL. WAJIB HADIR membawa lamaran (ditulis UP. Ibu Sisca,SE).
Hari: Senin,30/01/12 ditunggu antara jam 07.30 s/d 14.00.
Alamat: Jl. PINTU BESAR SELATAN NO.41, samping Hotel Pancoran Jaya, Sebrang Hotel Metropole, Glodok-JA, Sebrang Hotel Metropole, Glodok-JAKARTA BARAT. Posisi kantor 300m dr Stasiun Kota/PLAZA GLODOK.
(dr dmsli Anda naik Bis/BUSWAY/KRETA JURUSAN KOTA. Dr KOTA naik m12/m08 atau dr Senen naik m12 atw dr Tanah Abang naik m08 trn di dpn Hotel Metropole. Di dpn Kantor ada Spanduk PT INTI TAMA KARSA, sampaikan pd Receptionis dan Security u/ Langsung bertemu Dgn IBU SISCA,SE).
Posisi Adm,Keu,Gdng, Rcpts,Operator,Security &OB. Status
Tetap/NON KONTRAK. Penmptn Krja di Ktr Cab wil Jabodetabek Sesuai dmsli.
NB: JIKA LAMARAN BLUM SIAP CUKUP BAWA KTP.
Jika siap u/ HADIR , WAJIB BALAS “OK”
TRIMA KASIH
WASS IBU SISCA.

atau,

DARI Ibu VITA ( MANAGER HRD ). Kepad sdra/i yang sudah kirim data dan cv ke email vita_veronica@ymail.com. ditunggu kehadirannya untuk interview di PT MITRA UTAMA GLOBAL yang bergerak di bidang commodity perbankan, batu bara dan perkebunan kelapa sawit. alamat kantor JL DEWI SARTIKA no 17 (lt 3) CILILITAN-CAWANG JAKTIM (30 m dari PGC,depan kampus STBA PERTIWI hari sabtu tanggal 2 juni 2012 jam 09.00 wib – 11.00 wib, posisi staf admin, harap konfirmasinya datang atau tidaknya,mengingat banyaknya pelamar yang akan datang,diharapkan datang lebih awal agar lebih di prioritaskan.

Jika kamu ditawari orang yang sanggup memberikan suatu pekerjaan dengan syarat imbalan uang sebagai pelicin, sebaiknya lupakan saja. Orang seperti ini adalah calo tenaga kerja yang kebanyakan adalah penipu. Sasaran utama mereka adalah pencari kerja untuk pegawai negeri sipil, pegawai pemda atau badan usaha negara.


Berhati-hati pada penawaran kerja oleh seseorang yang tidak kamu kenal baik untuk penempatan di daerah jauh dari domisili kamu atau lintas pulau/provinsi bahkan di luar negeri. Biasanya tawaran kerja ini kepada karyawati untuk skill yang tidak tinggi seperti pekerja salon kecantikan, pekerja hiburan/hotel, jasa dll. Umumnya disertai dengan iming-iming gaji jutaan bahkan belasan juta jika dirupiahkan. Banyak penawaran kerja ini sebenarnya adalah penipuan atau masuk ke dalam sindikat perdagangan manusia (trafficking).

Waspadai juga dengan pekerjaan mudah dengan iming-iming penghasilan besar seperti kerja dirumah, MLM, data entry, money game dan lainnya.

Saya berharap agar kamu sebagai pencari lowongan kerja selalu berpikir rasional, logis dan berhati-hati dalam mencari kerja maupun menanggapi penawaran kerja yang datang, terlebih apabila kamu tidak mengajukan lamaran tetapi mendapatkan panggilan? Lupakanlah dan harap selalu berhati-hati.


Demikian Rangkuman tentang Tips Menghindari Penipuan Berkedok Lowongan Kerja. Semoga Artikel ini mudah kamu pahami.

DMCA.com Protection Status

Previous
Next Post »

KASIH KOMENTAR DISINI

BLOGGER
DISQUS
Pilih System Komentar

No comments