Monday, May 2, 2016

10 Pekerjaan Untuk Lulusan Fakultas Ilmu Komputer

Chat on Whatsapp

Tadi sore, saya coba hubungi saudara saya yang sampai saat ini sedang kesulitan mencari lowongan kerja. Padahal dia itu termasuk jenius menurut saya, karena lulus pendidikan D3 fakultas ilmu komputer. Tapi saya heran kenapa sampai saat ini saudara saya bisa kesulitan untuk mencari lowongan kerja.

10 Pekerjaan Untuk Lulusan Fakultas Ilmu Komputer

Ada beberapa macam jenis lowongan kerja untuk Lulusan Fakultas Ilmu Komputer yang berhasil Kang Wira sampaikan ke saudara saya saat itu, selain untuk memacu semangatnya, saya juga mendorong keinginannya untuk kreatif pada bidang itu, karena Ilmu Komputer akan memajukan sedikitnya 70% penerus bangsa.


Berikut ini, saya rangkum menjadi 10 Pekerjaan Untuk Lulusan Fakultas Ilmu Komputer

Programmer

Pekerjaan lulusan fakultas ilmu komputer yang pertama adalah programmer yaitu orang yang kerjaannya menulis kode program untuk membuat sebuah aplikasi Web / Mobile atau software.

Programmer itu kerjanya bisa dimana aja bisa di pertelevisian, industri, perbankan, BUMN, media, perusahaan, dan juga programmer itu bisa jadi seorang entrepreneur karena seorang programmer bisa menciptakan sebuah aplikasi sendiri yang dapat dijadikan ladang uang, tertarik dengan pekerjaan lulusan ilmu komputer yang satu ini ?
Tapi untuk menjadi seorang programmer, kamu butuh keahlian dalam penyusunan algoritma karena untuk membuat aplikasi yang baik dibutuhkan algoritma yang tepat dan juga keahlian menyusun program menggunakan bahasa pemograman seperti java, c++, c, c#, VB dan bahasa pemograman lainnya tergantung bidang yang kamu pilih.

Web Master

Web master adalah pekerjaan lulusan ilmu komputer yang berhubungan dengan dunia website dan internet karena web master memiliki pekerjaan untuk membangun sebuah situs web dari bagian tampilan dan bagian belakang (server) maka dari itu web master terbagi menjadi 2 bagian yaitu front-end developer dan back-end developer :


Back-end adalah team atau individu yang melakukan pembuatan web dibagian back (belakang) yang tidak terlihat oleh pengguna seperti pengaturan database dan server, untuk menjadi back-end developer dibutuhkan keahlian pemograman seperti php, mysql, ruby, framework, html. Front-end adalah team atau individu yang tugasnya itu membuat grafis untuk halaman website sehingga memiliki daya tarik tersendiri, untuk menjadi Web Designer dibutuhkan keahlian dalam HTML, CSS, Javascript, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Flash, Adobe Dream Weaver, Framework, JQuery.

Baca Juga : Tips Menghindari Penipuan Berkedok Lowongan Kerja

Analis Sistem

System Analyst atau dalam bahasa Indonesianya itu analis sistem kerjaannya menganalisis sistem atau program untuk digunakan pada perusahaan/client yang membutuhkan dan dari analisis tersebut seorang analis sistem dapat menentukan program atau teknologi IT apa yang terbaik bagi perusahaan/client

Selain keahlian tentang ilmu informatika seorang analis sistem harus memiliki kemampuan dalam bidang bisnis. Seorang analis sistem memiliki gaji yang cukup menggiurkan tapi untuk menjadi seorang analis sistem kamu harus memiliki pengalaman yang cukup di bidang pemograman dan bisnis sebelum menjadi seorang analis sistem.

IT Consultant

IT Consultant itu mirip-mirip analis sistem yaitu tugasnya sama-sama merekomendasikan teknologi IT pada perusahaan dan juga merancang proses bisnis daripada melakukan design atau coding.

Seorang lulusan ilmu komputer dituntut untuk menguasai proses bisnis, menguasai teknologi IT, memiliki kemampuan Interpersonal dan skill writing.

Software Engineer

Pekerjaan Software Engineer adalah mengembangkan perangkat lunak untuk keperluan client, kamu harus membedakan seorang programmer dengan Software Engineer karena seorang programmer adalah orang yang membuat aplikasi atau software sedangkan software engineer adalah orang mengembangkan aplikasi atau software yang dibuat oleh programmer.



Keahlian yang harus dimiliki Software Engineer adalah pengetahuan yang baik mengenai struktur data dan algoritma, saya rasa pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu lulusan ilmu komputer yang suka ngotak ngatik aplikasi

Database Administrator (DBA)

Sesuai nama profesinya database administrator adalah orang yang bekerja sebagai pengatur sebuah sistem database agar terpelihara dengan baik dan juga mengatur keamanan dari database agar tidak mudah dibobol oleh penjahat cyber (hacker).

Kamu harus menguasai beberapa bahasa pemograman seperti mysql, PHP, SQL dan juga arsitektur mengenai basis data seperti di artikel 3 tahapan arsitektur basis data.

Baca Juga : Tips Mengirim Lamaran Kerja Secara Online Via Email

Game Developer

Berawal dari kecintaan terhadap suatu game kamu juga bisa membuat game impian mu sendiri dengan dibantu keahlian komputer grafis yang memadai dan pengetahuan teknik informatika mu, seorang lulusan ilmu komputer dapat menjadi seorang Game developer. Di Indonesia lagi di perluin loh game developer

Computer Network

Pekerjaan dari seorang Computer Network adalah untuk merancang arsitektur dan pembangunan jaringan serta melakukan perawatan dan pengelolaan terhadap jaringan yang sudah ada, karena jaringan sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan maka prospek kerja sebagai computer network ini cukup menjanjikan.

IT Security


Pekerjaan seorang IT Security adalah untuk menjaga keamanan informasi yang ada pada komputer atau database dan juga menutup akses yang dapat membahayakan keamanan informasi, biasanya yang kerja jadi IT Security itu orang yang ahli dalam masalah bobol membobol sebuah sistem (hacker) karena lebih memahami celah - celah yang dapat digunakan untuk menyusup kedalam komputer tanpa diketahui jadi mereka juga yang dapat memahami bagaimana caranya untuk menutup celah - celah tersebut.

Software Tester

Daftar pekejaan lulusan ilmu komputer yang terakhir adalah software tester yaitu profesi yang tugasnya melakukan uji coba terhadap sebuah software atau aplikasi dan kemudian memberikan laporan terhadap hasil uji coba tersebut apakah ada bug atau tidak dan juga apakah software yang diuji ini dapat memudahkan pengguna atau tidak.

Jadi seorang software tester adalah orang yang bertanggung jawab dalam melakukan uji coba kelayakan terhadap suatu software / aplikasi.

Maaf saya lupa alamat sumbernya, jadi tidak di sertakan kedalam artikel ini.

Demikianlah ulasan penyampaian saya kepada saudara saya itu tentang lowongan kerja untuk lulusan fakultas ilmu komputer pada artikel ini. Baca juga artikel Cara Berpakaian Saat Interview apabila kamu sudah mendapatkan panggilan untuk kerja. Semoga Artikel ini bisa bermanfaat yah.


DMCA.com Protection Status

Previous
Next Post »

KASIH KOMENTAR DISINI

BLOGGER
DISQUS
Pilih System Komentar

No comments