Saturday, April 23, 2016

Kenapa Harus Punya Blog

Chat on Whatsapp

Kali ini Kang Wira akan menjawab satu pertanyaan dari salah satu Sahabat saya saat kita sedang bercanda dan berbagi cerita mengenai suatu pekerjaan, disitu terlontarkan 1 buah pertanyaan "Kenapa Harus Punya Blog" ?
Ternyata Blog itu memang asik dijadikan tempat curhat lho.. hahaha

Setelah menjawab pertanyaan dari kawan saya itu, akhirnya saya tuangkan menjadi artikel di blog ini guna mengisi sedikit demi sedikit konten yang masih dianggap belum layak untuk mendapatkan persetujuan dari Google Adsense.



Baiklah, dibawah ini sudah saya tuangkan semua jawaban dari pertanyaan kawan saya tadi :


1. Blogging adalah aktifitas yang mulia

Jika kamu membagikan banyak ilmu untuk orang lain, pastinya akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi kamu, karena bisa membantu banyak orang dengan manfaat ilmu yang kamu bagikan didalam sebuah blog.


2. Blogging sebagai hobby baru

Melakukan blogging menurut saya bisa mengisi waktu luang. Sebagian besar biasanya kecanduan untuk melakukan aktifitas blogging karena proses blogging yang dilakukan ternyata secara tidak langsung banyak pelajaran yang dapat disaring dari cerita dan pengalaman orang lain. Dan pastinya akan ada Feedback dari setiap pengunjung yang akan memancing kamu untuk tetap semangat berkreasi untuk menulis artikel lebih banyak lagi.


3. Membuat blog itu sangat mudah

Saya sebut mudah karena jawabannya memang sangat mudah. karena jika memang kamu belum pernah sekalipun membuat blog atau tidak tahu cara membuat sebuah blog, kamu cukup mencari di google dengan kata kunci "cara membuat blog". Maka akan banyak hasil dari pencarian yang akan menjelaskan secara membuat sebuah blog dengan cepat dan mudah. 
Oh iya, kamu juga tidak harus bisa bahasa pemrograman atau cara mendesain sebuah blog. Karena pada wordpress atau blogspot sudah tersedia ratusan tema atau template yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik blog kamu.



4. Menulis blog itu menambah wawasan

Sebenarnya ada 2 alasan penulis dalam membuat suatu artikel untuk blog, yaitu fokus membagi ilmu yang dimiliki penulis, dan fokus membagi ilmu yang sedang dipelajari penulis. Apabila kamu ingin mempelajari sesuatu, kamu bisa menuliskan artikel yang sedang kamu pelajari pada blog yang sudah kamu buat. Tentu ilmu yang sudah kamu tulis akan mudah di ingat dan mudah kamu temukan kembali.

5. Membuat kamu menjadi lebih baik

Nah.. Lebih baik disini maksudnya adalah kamu akan memiliki nilai lebih dibanding orang lain, karena tanpa kamu sadari, secara perlahan skill menulis, desain, pengaturan blog dan skill berkomunikasi kamu akan lebih meningkat. Jika kamu mulai berkomunikasi lebih baik, itu akan mempermudah aktifitas kamu dalam urusan bisnis atau pekerjaan. Selain itu kamu juga akan terbiasa mengeluarkan pendapat dan menjadi orang yang terbuka karena blogging.


6. Memajukan bisnis

Dengan menulis dalam blog, tentu saja tulisan kamu akan dibaca oleh orang yang suka dengan topik blog kamu. Mereka adalah calon konsumen tertarget yang terbantu dengan artikel kamu. Jika mereka membutuhkan sebuah produk atau jasa yang tersedia di blog kamu, pastinya mereka tidak akan ragu untuk menghubungi kamu tanpa pikir panjang. Bisa kita lihat saat ini sebagian besar website sebuah perusahaan atau website bisnis dipastikan ada sebuah menu BLOG.




7. Blog bisa mengahasilkan uang

Banyak yang awalnya hanya sekedar hobi menulis, namun akhirnya mereka mendapatkan suatu penghargaan berbentuk uang atau piagam dari para pengunjung dan sponsorship.

Sambil Menyelam Minum Air
contoh: misalkan kamu biasa menulis cerpen atau cerita kehidupan dalam sebuah blog (www.radityadika.com) dan tiba-tiba ada penerbit yang ingin semua tulisan kamu dijadikan sebuah bentuk cetakan buku dan di sebarkan secara masal.
Atau ada advertiser yang ingin memasang iklan di blog kamu dan masih banyak lagi cara mendapatkan uang melalui blog.


8. Sebagai media promosi

Pernah gak kamu mendengar berita tentang blogger terkenal? Sudah sangat jelas hanya dengan menulis dan memiliki blog, kamu bisa membuat sebuah channel dan audience dalam suatu bidang dimana kamu menjadi seorang pakar dalam blog tersebut. Hal ini juga menjadi nilai tambah jika kamu melamar pekerjaan dan memberikan alamat blog kamu. Disana para HRD akan bisa melihat beberapa skill yang kamu miliki.


9. Blog merupakan media sosial terbuka

Kenapa terbuka? Tidak seperti facebook atau twitter, orang-orang harus menjadi teman kamu dulu agar bisa melihat segala aktivitas kamu. Dengan menggunakan blog maka teman, kerabat dan saudara kamu bisa melihat aktivitas terbaru kamu hanya dengan mengetahui alamat blog kamu. Dan hal ini jugalah yang menjadi peluang kamu untuk mendapat teman yang lebih banyak.


10. Mesin Pencarian akan menyimpan blog kamu

Google, Bing, Yahoo dan beberapa mesin pencari lainnya akan merayapi setiap blog dan situs yang baru dibuat. Kamu akan mendapatkan banyak pengunjung sesuai dengan topik yang sudah kamu buat didalam blog.

11. Blog adalah jaringan Kamu

Dengan adanya blog berarti kamu juga mempunyai sebuah jaringan. Blog kamu akan dikunjungi oleh orang-orang yang mempunyai minat yang sama dengan topik yang sudah kamu tulis. Disitu kamu bisa membuat sebuah grup atau komunitas yang fungsinya sebagai teman untuk bisnis, teman berdiskusi atau teman-teman yang bisa anda ajak untuk suatu visi yang sama.


12. Blogging untuk merubah dunia

Dengan menulis dalam blog, kamu bisa menyampaikan beberapa mindset kamu kepada publik, kamu bisa menyatakan hal yang kamu suka dan hal yang tidak kamu sukai sama seperti menulis dalam sebuah buku. Dengan membaca blog, kamu akan mempengaruhi para pengunjung yang membaca artikel kamu. Misalnya, jika kamu menyampaikan pendapat tentang keadaan sebuah kampung yang miskin, hal itu bisa memancing para pembaca untuk turun tangan dan juga membantu kampung tersebut agar menjadi lebih baik.


Seperti itulah beberapa  jawaban dari saya waktu itu.
Karena masih banyak sekali kekurangan dari jawaban diatas, mungkin suatu saat akan saya perbaiki. Semoga Artikel Kenapa Harus Punya Blog ini bisa bermanfaat yaa.

Previous
Next Post »

KASIH KOMENTAR DISINI

BLOGGER
DISQUS
Pilih System Komentar

No comments